Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum India, Shopee di Perancis Juga Tutup Setelah Beroperasi 6 Bulan

Kompas.com - 30/03/2022, 16:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Shopee baru saja menyetop bisnis dan operasional perusahaannya di pasar India pada 29 Maret 2022. Dengan begitu, marketplace di bawah naungan perusahaan teknologi asal Singapura, SEA Group ini resmi hengkang dari pasar India.

Sebelum India, ternyata Shopee sudah lebih dulu hengkang dari pasar Perancis. Shopee resmi menghentikan seluruh operasional situs web miliknya di Perancis sejak 6 Maret 2022.

Dalam sebuah notifikasi di situs Shopee Perancis, Shopee berjanji akan menyelesaikan seluruh pesanan yang masuk ke Shopee Perancis hingga tanggal 6 Maret.

Baca juga: Shopee India Tulis Pesan Perpisahan untuk Pelanggan, Ini Isinya

Setelah 6 Maret, operasional berikut layanan purna-jual Shopee Perancis akan dihentikan seluruhnya. Meski berhenti beroperasi, pantauan KompasTekno, Rabu (30/3/2022), situs web Shopee Perancis masih bisa diakses pengguna.

Di halaman muka, hanya ada notifikasi bahwa operasional Shopee Perancis disetop per 6 Maret. Marketplace yang bermarkas di Singapura ini sendiri tidak memberikan penjelasan lebih lanjut soal alasan di balik keputusannya untuk hengkang dari Perancis.

Tangkapan layar situs Shopee Perancis yang menampilkan informasi pengentian operasi Shopee di Perancis per 6 Maret 2022.Shopee Perancis Tangkapan layar situs Shopee Perancis yang menampilkan informasi pengentian operasi Shopee di Perancis per 6 Maret 2022.
Hanya bertahan sekitar 6 Bulan

Shopee boleh dibilang sukses menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi di wilayah Asia Tenggara, setidaknya untuk tahun 2021.

Kesuksesan di pasar Asia Tenggara tersebut diikuti dengan ekspansi besar-besar Shopee ke wilayah pasar lainnya. Sepanjang 2021, Shopee memperluas operasional bisnisnya ke pasar Asia Selatan (India) hingga Eropa (Perancis, Polandia, Spanyol).

Baca juga: Selain di Indonesia, Shopee Juga Beroperasi di Negara-negara Ini

Shopee sendiri melakukan ekspansi bisnis ke India dan Perancis dalam kurun waktu yang bersamaan, yaitu tepatnya pada Oktober 2021.

Namun, ekspansi besar-besaran ke India dan Perancis itu tampaknya tak berjalan dengan mulus. Sehingga, Shopee memutuskan untuk menyetop bisnis operasional di India dan Perancis secara bersamaan pula pada Maret 2022 ini.

Bila dihitung, Shopee hanya mampu mempertahankan bisnisnya selama kurang lebih enam bulan saja di pasar India dan Perancis.

Sama seperti di wilayah pasar lain, termasuk Indonesia, Shopee di India dan Perancis juga memiliki situs web dan aplikasi yang menggunakan bahasa lokal, namun tetap dengan desain dan warna oranyenya yang khas.

Baca juga: Analisis Mengapa Shopee Tutup di India

Bisnis Shopee di India dan Perancis pun juga menawarkan berbagai kategori barang yang sama seperti di pasar Indonesa, mulai dari pakaian, ponsel dan gadget, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Cara bayar Shopee PayLater lewat ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri secara mudah dan praktisDok Shopee Cara bayar Shopee PayLater lewat ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri secara mudah dan praktis
Alasan Shopee tutup di India

Shopee sendiri tidak mengungkap alasan di balik keputusannya untuk hengkang dari pasar Perancis. Namun, dalam kasus India, juru bicara Shopee mengungkapkan, keputusan untuk menutup bisnisnya di India diambil atas dasar adanya "ketidakpastian" yang melanda pasar global.

Tidak dijelaskan apa maksud dari ketidakpastian tersebut. Ini membuat sejumlah spekulasi di balik alasan Shopee akhirnya ikut tersiar.

Baca juga: Ini Penyebab Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee Masuk Daftar Pengawasan AS

Outlet media Reuters melaporkan, alasan penghentian operasional Shopee di India adalah karena pertumbuhan bisnis yang rendah sehingga perusahaan merugi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com