BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

4 Alasan Mengapa Smartwatch Fashionable Sangat Digemari Anak Muda

Kompas.com - 31/03/2022, 08:31 WIB
Ilustrasi penggunaan smartwatch oleh generasi muda. Dok. OppoIlustrasi penggunaan smartwatch oleh generasi muda.

KOMPAS.com – Kini, banyak orang menggunakan smartwatch sebagai salah satu aksesori yang dikenakan sehari-hari. Generasi muda, seperti milenial dan gen Z, menjadi pengguna mayoritas gadget ini.

Dilansir dari www.wareable.com, konsep smartwatch sebenarnya telah ada sejak 1927. Pada masa itu, weareble gadget ini memiliki bentuk layaknya jam tangan yang dilengkapi peta kecil. Namun, peta ini bukan seperti Global Positioning System (GPS) yang ada di gawai era sekarang.

Pengguna harus tetap memasukkan peta gulir kecil ke perangkat jam tangan sebelum digunakan untuk menunjukkan arah dari titik satu ke titik lainnya.

Seiring waktu berjalan, berbagai inovasi pun dilakukan untuk menyempurnakan jam tangan pintar, termasuk membekali sejumlah teknologi canggih di dalamnya.

Baca juga: Pasar Smartwatch Tumbuh 24 Persen, Ini 9 Merek Terlaris 2021

Berkat teknologi canggih tersebut, jam tangan tak sekadar sebagai alat untuk menunjukkan waktu. Perangkat ini juga memiliki fungsi lain yang dapat memberikan sejumlah manfaat lebih bagi penggunanya. Berikut ulasannya.

  1. Mengetahui kesehatan pengguna

    Salah satu keunggulan smartwatch yang dilirik banyak orang adalah kehadiran fitur indikator kesehatan, seperti perekam detak jantung dan tekanan darah.

    Sejumlah smartwatch juga memiliki fitur peringatan apabila pengguna terindikasi mengalami gangguan detak jantung dan tekanan darah.

    Tak hanya itu, fitur indikator kesehatan tersebut juga dilengkapi dengan pemantauan waktu tidur. Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui durasi dan kualitas tidur yang didapatkan.

    Kecanggihan smartwatch juga dimanfaatkan rumah sakit (RS) Mount Sinai dan Universitas Stanford, Amerika Serikat, untuk membantu mendeteksi Covid-19 secara dini.

    Baca juga: Google Disebut Akan Luncurkan Smartwatch Pertamanya Tahun Depan

    Dengan melibatkan 300 pekerja medis selama 153 hari, penelitian yang dilakukan RS tersebut menemukan bahwa smartwatch mampu mendeteksi perubahan halus pada detak jantung seseorang yang sudah terinfeksi virus corona.

    “Kami tahu bahwa variabilitas detak jantung berubah seiring peradangan dalam tubuh dan Covid-19, termasuk peradangan yang luar biasa,” ujar asisten profesor kedokteran di RS Mount Sinai Rob Hirten seperti diwartakan Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

  2. Teman olahraga

    Keunggulan berikutnya, smartwatch dapat menjadi teman olahraga terbaik. Pasalnya, jam pintar telah dilengkapi fitur tracker untuk berbagai jenis olahraga, seperti joging, bersepeda, dan fitness.

    Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengetahui berapa banyak kalori yang telah dibakar selama sesi olahraga. Begitu juga dengan jumlah langkah yang telah dilakukan.

    Baca juga: Pantau Kesehatan Tubuh Selama Pandemi Lewat Smartwatch

    Smartwatch juga dapat membantu pengguna dalam memenuhi target kebugaran tertentu. Selain itu, pengguna juga bisa mencatat aktivitas gerakan dan mendapatkan masukan dari smartwatch.

    Dengan fitur-fitur tersebut, pengguna dapat termotivasi untuk terus bergerak demi mendapatkan tubuh yang sehat.

    Ilustrasi berolahraga menggunakan smartwatch.Dok. Oppo Ilustrasi berolahraga menggunakan smartwatch.

  3.  Tersambung dengan smartphone

    Seperti kebanyakan gawai masa kini, smartwatch juga dapat tersambung dengan smartphone. Hal ini membuatnya mampu menampilkan notifikasi smartphone tertentu di perangkat smartwatch.

    Adapun sejumlah notifikasi yang dapat terkoneksi adalah cuaca, penerbangan, kalender, dan kondisi lalu lintas. Smartwatch juga bisa menampilkan notifikasi pesan, seperti WhatsApp atau Instagram.

    Tak hanya notifikasi, smartwatch juga dapat memutar dan mengontrol musik yang ada di ponsel.

  4. Desain kekinian

    Selain fungsi yang canggih, smartwatch digemari generasi muda karena memiliki desain yang fashionable. Bahkan, beberapa smartwatch dapat menyempurnakan penampilan penggunanya.

    Baca juga: Smartwatch Ini Dilengkapi Pelacak Siklus Menstruasi

    Kini, banyak produsen berlomba memproduksi smartwatch dengan desain kekinian sesuai dengan selera generasi muda, seperti strap jam yang dapat diganti atau tampilan antarmuka yang menyesuaikan pakaian pengguna.

Itulah empat keunggulan smartwatch yang diminati para generasi muda. Keempat keunggulan tersebut juga dimiliki oleh Oppo Watch Free.

Oppo Watch Free Hitam.Dok. Oppo Oppo Watch Free Hitam.

Smartwatch dari brand hi-tech tersebut memiliki desain layar AMOLED dan kaca antigores (curved) 2,5D. Dengan layar AMOLED sebesar 1,64 inci dan tingkat kecerahan cahaya mencapai 326 piksel per inci (ppi), Oppo Watch Free dapat menghasilkan gambar yang tajam serta warna yang natural.

Oppo Watch Free memiliki lebih dari 40 tema tampilan antarmuka yang dapat dipilih sesuai keinginan pengguna. Bahkan, smartwatch premium ini memiliki fitur tampilan artificial intelligent (AI).

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mendapatkan tema antarmuka smartwatch sesuai dengan pakaian yang sedang dikenakan pengguna hanya dengan foto selfie.

Baca juga: Ingin Membeli Smartwatch? Simak Tips Memilihnya

Oppo Watch Free pun turut mendukung pengguna untuk hidup sehat. Smartwatch besutan Oppo ini bisa mengenali beragam jenis aktivitas olahraga, mulai dari berlari, berjalan, mendayung, hingga mesin eliptikal.

Selain itu, Oppo Watch Free juga mendukung fitur pengukuran kadar oksigen dalam darah secara berkelanjutan. Pengguna juga bisa memantau dan menganalisis kualitas tidur secara profesional dan komprehensif melalui fitur OSleep.

Adapun pengukurannya dapat dipersonalisasi sebelum, selama, dan setelah tidur agar dapat mendeteksi masalah tidur secara efektif serta memberikan saran waktu tidur yang tepat.

Oppo Watch Free Vanila.Dok. Oppo Oppo Watch Free Vanila.

Oppo Watch Free juga mampu menampilkan beragam notifikasi dari aplikasi alarm, cuaca, panggilan, pesan singkat, dan pemutar musik.

Guna menunjang berbagai fitur tersebut, Oppo Watch Free dilengkapi baterai dengan daya tahan selama 14 hari untuk penggunaan biasa. Perangkat ini juga dilengkapi pengisian daya cepat VOOC Flash Charge. Dengan demikian, pengguna dapat mengisi daya hanya 5 menit untuk pemakaian sehari penuh.

Baca juga: Oppo Watch Free Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Selain itu, perangkat tersebut juga dilengkapi Bluetooth 5.0 dan ketahanan air hingga kedalaman 50 meter.

Tersedia dalam varian warna vanila dan hitam, Oppo Watch Free dibanderol dengan harga Rp 1.399.000. Jam pintar ini bisa dipesan melalui aplikasi MyOppo, Oppo Official Store di marketplace, atau secara offline di Oppo Store.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Watch Free, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.