Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Larang Perusahaan Rusia Pakai Software Asing

Kompas.com - 31/03/2022, 09:33 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pekan ini menandatangani peraturan baru yang melarang penggunaan perangkat lunak (software) buatan asing di Rusia.

Hal ini dilakukan sebagai respons atau "serangan balik" Rusia terkait banyaknya perusahaan teknologi yang memblokir akses terhadap negara tersebut, sebagai bagian dari sanski internasional yang diberikan atas invasi Rusia terhadap Ukraina.

Namun, peraturan yang baru diumumkan Putin ini tidak langsung berlaku hari ini. Menurut berbagai laporan, salah satunya adalah media yang berbasis di Eropa Timur Nexta, penggunaan software asing bakal efektif diblokir sepenuhnya di Rusia mulai 1 Januari 2025 mendatang.

Sehingga, berbagai perusahaan Rusia masih memiliki waktu kurang lebih tiga tahun untuk beralih ke software lokal.

Baca juga: Koleksi Komputer Antik dan Konsol Game Lawas Hancur Dibom Rusia

Meski demikian, Putin menegaskan bahwa mulai 31 Maret 2022 waktu setempat, berbagai pihak yang membeli software buatan asing akan melalui proses persetujuan (approval) terlebih dahulu.

Artinya, seluruh pengguna atau perusahaan yang membeli software buatan asing dengan bebas tanpa approval pemerintah bisa terkena hukuman yang berlaku di Rusia.

Selain itu, Putin juga menginstruksikan jajarannya untuk membuat persyaratan ketat terkait penggunaan software asing untuk kepentingan infrastruktur penting pemerintah.

Lalu, putin juga memerintahkan bawahannya untuk membuat aturan ketat terkait persetujuan pemakaian software buatan asing, di sejumlah tempat umum atau infrastuktur publik yang dianggap kurang begitu penting.

Rusia diblokir negara lain

Seperti disebutkan di atas, langkah pemblokiran software ini merupakan respons atas banyaknya perusahaan asing yang lebih dulu memblokir akses terhadap Rusia, dan memaksa mereka untuk menjadi negara yang "mandiri", terisolasi, dan jauh dari bantuan negara lain.

Pemblokiran yang dilakukan berbagai perusahaan global tersebut dilancarkan demi "menghukum" Rusia atas invasi dan aksi militer mereka terhadap Ukraina.

Baca juga: Viral di TikTok, Begini Arti Kata “Ura” yang Kerap Diucapkan Putin

Di bidang teknologi sendiri, sudah banyak perusahaan yang sudah memblokir akses penjualan produk dan layanan mereka terhadap Rusia, termasuk Meta, Microsoft, Samsung, Apple, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Google melarang masyarakat Rusia untuk membeli berbagai layanan dan aplikasi melalui akun Google, serta melarang produsen ponsel asal Rusia untuk memakai sistem operasi (OS) Android, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Kamis (31/3/2022).

Ke depannya, bukan tidak mungkin jumlah perusahaan yang memblokir akses terhadap Rusia akan semakin banyak dan bertambah, setidaknya hingga negara tersebut menyetop aksi militer yang mereka lakukan terhadap Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com