Tarif PPN Bakal Naik 11 Persen Besok, Bagaimana Harga Produk Samsung?

Kompas.com - 31/03/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Pemeritah akan menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 11 persen pada 1 April besok. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Artinya, berbagai barang dan jasa yang kena PPN, termasuk smartphone, akan mengalami peningkatan harga seiring dengan naiknya tarif PPN dari 10 persen menjadi 11 persen.

Terkait hal tersebut, Head of MX Product Marketing Samsung Indonesia Selvia Gofar mengatakan bahwa Samsung mengikuti kebijakan yang diterapkan pemerintah Indonesia dan mengatakan bahwa tidak ada kenaikan harga perangkat meski tarif PPN naik menjadi 11 persen. 

"RRP (Retail Recommended Price) Samsung sudah termasuk dengan PPN, dan hampir semua RRP (harga) produk kami tidak mengalami kenaikan," ujar Selvia ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Tarif PPN Naik 11 Persen, Bagaimana dengan Harga Ponsel Xiaomi?

"Kedepan nya Samsung akan terus memperhatikan kebutuhan konsumen Indonesia dengan sebaik mungkin," imbuh Selvia.

Karena Selvia menyebut "hampir semua produk", maka kemungkinan akan ada beberapa produk yang bisa jadi akan mengalami kenaikan harga. Namun, ia tidak menjelaskan lebih detail atau mengonfirmasi terkait hal tersebut.

Vendor ponsel kompak klaim tak naikkan harga

KompasTekno berkesempatan menjajal kemampuan kamera Oppo Reno7 5G di sirkuit Mandalika.KOMPAS.com/Yudha Pratomo KompasTekno berkesempatan menjajal kemampuan kamera Oppo Reno7 5G di sirkuit Mandalika.

Sejalan dengan Samsung, vendor ponsel lainnya seperti Oppo, Xiaomi, hingga Realme juga kompak mengatakan pihaknya tidak akan menaikkan harga perangkat yang mereka jual di Indonesia menjelang tarif PPN yang akan naik menjadi 11 persen.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan pihaknya saat ini belum menetapkan kenaikan harga untuk berbagai produk yang mereka jual di Tanah Air lantaran kenaikan tarif PPN 11 persen belum terjadi.

"Untuk harga sendiri belum ada koreksi kenaikan harga hingga saat ini, sehingga belum ada strategi penjualan dan pemasaran yang berbeda pula," kata Aryo ketika dihubungi KompasTekno beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tarif PPN Naik Jadi 11 Persen, Harga HP Realme dan Oppo Ikut Terdampak?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.