Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2022, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Memori penyimpanan iPhone atau iPhone storage yang penuh mungkin jadi cukup menjengkelkan bagi sebagian pengguna. iPhone tidak dibekali fitur perluasan memori secara eksternal menggunakan slot microSD.

Kadang beberapa pengguna akhirnya memutuskan menyimpan file miliknya di platform Cloud, macam iCloud atau Google Driver, bila memori sudah muncul peringatan semacam “iPhone Storage Full”.

Menyimpan file di platform Cloud bisa menjadi jalan pintas mengatasi memori iPhone yang penuh. Kendati demikian, proses pengunggahan file di platform Cloud itu cukup memakan waktu, apalagi saat koneksi internet tak berjalan dengan baik.

Baca juga: 2 Cara Buka Layar iPhone lewat Face ID Tanpa Lepas Masker

Kemudian, platform Cloud juga memiliki kapasitas yang terbatas, seperti iCloud yang diberi kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB, bila pengguna ingin mendapat kapasitas yang lebih besar maka perlu mengeluarkan biaya berlangganan.

Dengan demikian, tak selamanya pengguna bisa memakai jalan pintas tersebut. Lantas, apa yang harus dilakukan jika penyimpanan iPhone penuh? Pengguna bisa mengurangi iPhone storage dengan berbagai cara, bisa dengan menghapus media hingga cache aplikasi.

Pengguna tidak perlu memakai aplikasi tambahan untuk mengurangi iPhone storage. Sudah penasaran dengan bagaimana cara mengosongkan memori iPhone? Simak penjelasan cara mengosongkan memori iPhone di bawah ini.

1. Menghapus file media yang kurang penting

Anda bisa menghapus file media kurang penting, seperti foto atau video, yang menumpuk di galeri iPhone. Satu foto yang diambil lewat kamera iPhone saat ini ukurannya bisa mencapai lebih dari 2 MB.

Bayangkan bila memiliki 1000 foto atau lebih, ruang penyimpanan iPhone mungkin bakal cepat penuh. Untuk itu, cara mengosongkan memori iPhone bisa dilakukan dengan menghapus file media yang kurang penting.

File media tersebut bisa dihapus dengan mengakses galeri iPhone. Kemudian, buka album Anda dan pilih file foto atau video yang kurang penting untuk dihapus.

Sesaat setelah terhapus dari album, segera cek folder “Baru Dihapus” dan ketuk opsi “Pilih”. Kemudian, klik opsi “Hapus Semua” untuk membersihkan file media secara permanen dari memori iPhone.

2. Menghapus aplikasi yang tidak pernah dipakai

Aplikasi yang tidak pernah dipakai juga berkontribusi terhadap penuhnya ruang penyimpanan di iPhone. Kadang pengguna tidak sadar telah menginstal cukup banyak aplikasi, padahal tidak selalu digunakan.

Sebab itu, cara mengurangi iPhone storage yang penuh bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah dipakai. Anda bisa menghapusnya secara manual dengan ketuk dan tahan layar “home” hingga tampak logo aplikasi bergoyang-goyang.

Setelah itu, klik ikon silang yang tertera di pojok kiri atas logo aplikasi tersebut dan pilih opsi “Hapus” atau “Delete”.

Selain cara di atas, iPhone kini telah dibekali dengan fitur menghapus aplikasi yang tidak terpakai secara otomatis. Jadi saat kondisi memori sedang penuh, sistem bakal melakukan penghapusan secara otomatis pada aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Baca juga: Cara Membuat GIF di iPhone lewat Kamera Twitter, Sudah Coba?

Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu pengaturan. Kemudian, gulir ke bawah dan pilih opsi “App Store”. Gulir ke bawah dan geser toggle “Keluarkan Tak Terpakai” ke warna hijau.

Ilustrasi cara mengosongkan memori iPhone  dengan menghapus aplikasi yang tak terpakaiKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengosongkan memori iPhone dengan menghapus aplikasi yang tak terpakai

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com