Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tolak Servis iPhone Curian dan Dinyatakan Hilang

Kompas.com - 31/03/2022, 15:30 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple akan menerapkan aturan baru terkait perbaikan iPhone di service center perusahaan. Apple akan menolak untuk memperbaiki iPhone curian atau yang dinyatakan hilang.

Kabar ini mencuat dari sebuah memo internal Apple yang diperoleh media teknologi MacRumors. Menurut memo tersebut, teknisi Apple diminta menolak perbaikan iPhone yang berstatus hilang.

Sebelum melakukan perbaikan, teknisi Apple nantinya akan mengidentifikasi status iPhone atau perangkat lainnya pada sistem yang disebut MobileGenius atau GSX internal.

Ketika teknisi Apple mendapati pesan pada sistem tersebut yang menunjukkan bahwa perangkat yang akan diperbaiki berstatus hilang, mereka akan menolak perbaikan.

Dengan demikian, iPhone curian tidak akan mendapat layanan perbaikan dari teknisi Apple resmi baik di Apple Store maupun service center resmi Apple.

Baca juga: Apple Akan Sediakan Layanan Langganan iPhone?

Upaya ini dilakukan Apple untuk memperketat upaya pencegahan iPhone curian, serta mencegah teknisi memperbaiki iPhone dari pengguna ilegal.

iPhone yang hilang dapat dilaporkan ke GSMA Device Registry, sehingga perangkat tersebut dapat diketahui statusnya.

GSMA Device Registry adalah basis data global yang memungkinkan pelanggan untuk melaporkan perangkat mereka hilang karena tidak diketahui keberadaaanya atau karena dicuri.

Laporan kehilangan perangkat tidak hanya dapat dilakukan oleh pemilik perangkat, namun, juga oleh operator seluler atau pengguna lainnya.

Setiap perangkat dalam GSMA Device Registry akan diidentifikasi berdasarkan nomor IMEI-nya. Adapun IMEI iPhone dapat diketahui pengguna melalui menu Setting > General > About.

Baca juga: iOS 15.4 Dikeluhkan Bikin Boros Baterai, Apple Sebut Itu Normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.