Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Hapus Huruf "Z" di Ponsel Lipat Pasar Eropa, gara-gara Perang Rusia-Ukraina?

Kompas.com - 31/03/2022, 17:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Lini ponsel lipat Samsung ditandai dengan penamaan menggunakan huruf "Z" seperti Galaxy Z Fold3 atau Galaxy Z Flip3. Namun, di sejumlah negara di Eropa, penamaan "Z" ini hilang.

Perubahan ini tidak hanya terlihat pada penamaan perangkat di situs web Samsung di beberapa negara Eropa, namun, juga pada materi desain gambar ponsel.

Oleh karena itu, perubahan ini dinilai sebagai keputusan perusahaan, bukan karena ketidaksengajaan. Samsung tampaknya memangkas huruf Z pada penamaan smartphone lipatnya. 

Alih-alih Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, smartphone lipat itu tercantum dengan nama Galaxy Galaxy Fold3 dan Galaxy Flip3 saja, tanpa "Z".

Hilangnya huruf Z pada smartphone lipat Samsung terlihat di situs web perusahaan di negara-negara Eropa, termasuk Lituania, Latvia, Estonia dan Ukraina.

Baca juga: Harga Beda Tipis, Ini Perbandingan Samsung Galaxy A13 dan Xiaomi Redmi Note 11

Samsung sendiri tidak menjelasan alasan perusahaan menghilangkan penamaan "Z" untuk smartphone lipat besutannya. Tidak diketahui pula apakah penghapusan ini bakal dilakukan di pasar global.

Akibat Invasi Rusia ke Ukraina?

Ihwal kabar hilangnya "Z" pada penamaan smartphone lipat Samsung, salah satunya diungkapkan oleh Ishan Agarwal melalui Twitter dengan handle @ishanagarwal24.

Tak hanya pada situs web Samsung, perubahan itu juga dilakukan perusahaan pada kotak kemasan Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5google, Kamis (31/3/2022).

Menurut Agarwal, perubahan ini kemungkinan terkait dengan konflik yang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Sebab, angkatan bersenjata Rusia memiliki simbol "Z" pada kendaraan dan tank militernya. Media Rusia yang disebut RT juga menjual pakaian dengan simbol Z sebagai bentuk dukungan ke pemerintah setempat yang melakukan invasi ke Ukraina.

Samsung sendiri tidak mengumumkan perubahan ini kepada publik, sehingga tidak diketahui pasti alasan hilangnya huruf Z pada penamaan dua smartphone lipatnya itu.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A13 di Indonesia

Setop jual smartphone dan chip ke Rusia

Awal Maret ini Samsung menunjukkan sikapnya atas konflik Rusia-Ukraina. Samsung menutuskan untuk menangguhkan penjulan ponsel, semikonduktor (chip), dan produk elektroniknya ke Rusia.

Langkah ini tampaknya adalah jawaban Samsung atas permintaan Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhailo Fedorov. Satu hari sebelum melakukan blokir akses kepada Rusia, Samsung disebut telah menerima surat permohonan dari Fedorov.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Jong Hee Han, Vice Chairman dan CEO divisi SET Samsung (gabungan divisi mobile dan bisnis consumer electronic), Fedorov meminta Samsung untuk menangguhkan pasokan produk dan layanannya di Rusia.

Fedorov juga meminta agar perusahaan asal Korea Selatan itu memblokir sejumlah layanannya, seperti Samsung Pay, Galaxy Store, dan Samsung Shop.

Tak hanya menangguhkan penjualan di Negeri Beruang Merah. Samsung juga menyumbangkan dana sebesar 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 86,2 miliar sebagai bentuk aksi kemanusiaan terhadap Ukraina.

Donasi tersebut dikumpulkan dari sumbangan sukarela karyawan Samsung. Sebanyak 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,3 miliar) dari dana tersebut didonasikan dalam bentuk produk elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com