Kompas.com - 31/03/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi pengguna yang memiliki jaringan internet WiFi mungkin tak perlu pusing memikirkan sisa kuota dari paket data. Layanan WiFi biasanya tidak terbatas dengan kuota paket data untuk bisa dipakai mengakses internet.

Pengguna cukup membayar biaya langganan layanan WiFi tiap bulan dan langsung bisa dipakai buat mengakses internet secara bebas. Beda cerita dengan pengguna yang tidak berlangganan layanan WiFi atau hanya bermodal paket data internet.

Untuk mengakses internet di ponsel, pengguna perlu membeli paket data internet yang disediakan oleh masing-masing operator seluler. Tiap paket data yang ditawarkan memiliki harga yang berbeda sesuai dengan besar kuota internetnya.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Kuota tersebut akan habis seiring pemakaian pengguna dalam mengakses internet. Saat kuota habis, pengguna tak akan lagi bisa mengakses internet dan harus mengisi ulang paket datanya.

Kendati paket data kadang ditawarkan dengan masa aktif satu bulan, namun kuota internetnya bisa habis sebelum masa aktif itu berakhir. Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mengalami kuota habis sebelum masa aktifnya berakhir.

Tak bisa dipungkiri, kejadian kehabisan kuota itu sangat mungkin terjadi, mengingat hampir semua aplikasi di ponsel kini membutuhkan jaringan internet supaya bisa diakses, sebut saja seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, YouTube, dan sebagainya.

Belum lagi saat aplikasi tersebut membutuhkan pembaruan atau peningkatan versi. Pengguna yang melakukan pembaruan versi aplikasi lewat jaringan seluler, bakal cenderung lebih cepat kehabisan kuota internet.

Membeli paket data secara terus menerus dalam satu bulan, mungkin bisa cukup menguras kantong. Lantas, bagaimana cara menghemat kuota internet?

Tenang, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet, misal dengan mematikan fitur pengunduhan file otomatis. Sudah penasaran dengan cara menghemat kuota internet? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Matikan pengunduhan file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur pengunduhan file otomatis, misalnya seperti di WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis bakal mengunduh semua file, baik itu gambar maupun video, yang terkirim di ruang obrolan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.