Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan, Ada Potensi Beda Awal Puasa

Kompas.com - 01/04/2022, 09:32 WIB

KOMPAS.com- Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah tahun ini kemungkinan akan berbeda antara pemerintah dan yang diumumkan Muhammadiyah. Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada tanggal 2 April 2022.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Adib mengatakan, potensi perbedaan penetapan 1 Ramadhan 2022 dikarenakan pendekatan yang digunakan berbeda.

"Mengapa terjadi perbedaan (1 Ramadhan)? Tentu ada pendekatan yang berbeda dalam hal penetapan awal bulan Ramadhan, salah satu di antaranya ada menggunakan pendekatan ilwa hisab atau pendekatan hisab secara murni," kata Adib dalam diskusi secara virtual bertajuk "Persiapan Ibadah dan Pangan Jelang Ramadhan", Senin (28/3/2022).

Untuk memastikan puasa jatuh pada tanggal berapa di tahun ini, Adib mengatakan Kemenag akan melakukan sidang Isbat bersama organisasi-organisasi Islam dan majelis ulama.

Baca juga: 1 Ramadhan Jatuh Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan Puasa

"Jadi nanti pada saat sidang Isbat itu kita akan menentukan terkait dengan awal bulan Ramadhan 1443 Hijriyah, apakah kemudian jatuh pada jatuh tanggal 2 April atau di tanggal 3 April," ujarnya.

Jadwal sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 untuk menentukan awal Ramadhan 2022 akan diselenggarakan pada hari ini, Jumat (1/4/2022), mulai pukul 17.00 WIB.

Sedangkan konferensi pers sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1443 H diumumkan pukul 19.00 WIB di televisi nasional dan media sosial Kemenag.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, sidang Isbat 1 Ramadhan 2022 bisa ditonton langsung secara online (live streaming) oleh masyarakat Indonesia. Sidang yang diselenggarakan dengan sistem Hybrid itu bakal disiarkan lewat kanal TVRI dan media sosial Kemenag.

Ada pun link live streaming sidang isbat puasa Ramadhan 2022 adalah sebagai berikut:

Sidang Isbat ini akan melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Baca juga: 8 Aplikasi Android dan iOS Penunjang Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.