Google Chrome Versi 100 Resmi Dirilis, Ini Link Download-nya

Kompas.com - 01/04/2022, 13:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada 2008 silam, Google meluncurkan peramban (browser) internet mereka sendiri yang bernama Chrome, demi menyaingi browser internet macam Mozilla Firefox, Opera, hingga Internet Explorer.

Versi Chrome kala itu tentunya dimulai dari versi 1, dan dilanjutkan dengan pembaruan dua digit pertama, yaitu versi 10 yang dirilis ke publik pada tahun 2011.

Kini, selang kurang lebih 14 tahun setelah versi pertama dirilis, Google akhirnya resmi merilis pembaruan perdananya yang mengusung nomor versi tiga digit, yaitu Chrome versi 100.

Dalam versi tersebut, Google menghadirkan sejumlah pembaruan dan perbaikan, mungkin supaya pengguna tak beralih ke peramban internet populer lainnya macam Safari, Microsoft Edge, Firefox, Samsung Internet, Opera, dan sejenisnya.

Salah satu pembaruan yang diterapkan adalah logo Chrome teranyar yang kini dibuat lebih minimalis untuk menyelaraskan tampilannya dengan logo pada layanan Google lainnya.

Ilustrasi perubahan logo Chrome dari versi awal hingga versi 100.Google Ilustrasi perubahan logo Chrome dari versi awal hingga versi 100.

Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, perubahan logo yang dimaksud hanya menghilangkan elemen bayangan alias shadow di sejumlah komponen visual logo Chome versi 2014 lalu, sehingga desain logo Chrome versi 100 kini lebih sederhana.

Selain pembaruan logo, Google juga turut menghilangkan mode "Lite" di aplikasi Chrome versi 100 untuk perangkat mobile.

Menurut mereka, mode tersebut kini sudah tidak begitu relevan lantaran banyak situs web yang memiliki mode atau fitur untuk menghemat data bagi pengguna smartphone.

Terlebih, Google juga menyebut bahwa harga paket data internet kini sudah jauh lebih terjangkau.

Masih di versi mobile terutama versi Android, Chrome versi 100 juga bakal menghadirkan jendela pop-up berupa konfirmasi untuk menutup semua tab. Jendela tersebut akan dilihat pengguna sesaat mereka menekan menu "Close all tabs". 

Baca juga: Pengguna Diajak Hapus Google Chrome di Ponsel Android, Ada Apa?

Ilustrasi jendela pop-up yang akan dilihat pengguna mobile di Chrome 100 ketika ingin menutup semua tab yang dibuka.AndroidPolice Ilustrasi jendela pop-up yang akan dilihat pengguna mobile di Chrome 100 ketika ingin menutup semua tab yang dibuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.