Kompas.com - 01/04/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - YouTube berupaya meningkatkan pengalaman bagi para pengguna yang sedang streaming video, dengan menambah fitur Timed Reactions yang saat ini sedang diuji coba.

Timed Reactions merupakan fitur yang memungkinkan pengguna memberikan respons singkat pada bagian-bagian tertentu di video melalui emoji, mirip dengan emoji video di Instagram Stories.

Setidaknya ada delapan jenis emoji yang dapat digunakan pengguna, yakni emoji tertawa dengan gembira, hati (love), wajah terkejut, selebrasi, nilai 100, tanda tanya, lampu menyala, serta kucing kaget.

Ilustrasi daftar emoji yang bisa diberikan melalui fitur Timed Reactions yang tengah diuji coba YouTube.YouTube Ilustrasi daftar emoji yang bisa diberikan melalui fitur Timed Reactions yang tengah diuji coba YouTube.

Secara garis besar, fitur ini bakal menyajikan kemampuan yang serupa seperti fitur Reactions yang telah dimiliki Instagram.

Baca juga: Cara Mendapatkan Emoji Durian yang Viral di TikTok

Hanya saja, emoji tersebut hanya dapat diberikan secara spesifik di beberapa bagian tertentu dalam video. Sebagai contoh, pengguna dapat memberikan emoji love di menit 10:00 pada video ditayangkan.

Ilustrasi fitur Timed Reactions yang sedang diuji coba YouTube.YouTube Ilustrasi fitur Timed Reactions yang sedang diuji coba YouTube.

Melalui keterangan yang disampaikan di laman Support Google, Community Manager Meaghan menjelaskan bahwa fitur Timed Reactions akan ditampilkan secara anonim.

Dengan kata lain, identitas akun pengguna yang memberikan emoji tidak akan dapat dilihat oleh pengguna lainnya.

Meaghan juga mengatakan bahwa Timed Reactions merupakan sebuah fitur lanjutan dari fitur Timed Comments yang telah diuji coba beberapa waktu lalu.

Baca juga: Aplikasi YouTube Bebas Iklan Akhirnya Dihapus

"Kami menerima banyak tanggapan positif terkait fitur timed comments beta sehingga kami ingin menguji fitur serupa," tulis Meaghan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Support Google, Jumat (1/4/2022).

Pengujian fitur Timed Reactions, menurut Meaghan, akan dilakukan oleh sebagian kecil pengguna YouTube.

Tidak menutup kemungkinan jika emoji yang sedang diuji coba akan terus bertambah atau justru berkurang, tergantung keputusan hasil uji coba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.