Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Uji Coba Fitur Emoji Video Ala Instagram Stories

Kompas.com - 01/04/2022, 15:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube berupaya meningkatkan pengalaman bagi para pengguna yang sedang streaming video, dengan menambah fitur Timed Reactions yang saat ini sedang diuji coba.

Timed Reactions merupakan fitur yang memungkinkan pengguna memberikan respons singkat pada bagian-bagian tertentu di video melalui emoji, mirip dengan emoji video di Instagram Stories.

Setidaknya ada delapan jenis emoji yang dapat digunakan pengguna, yakni emoji tertawa dengan gembira, hati (love), wajah terkejut, selebrasi, nilai 100, tanda tanya, lampu menyala, serta kucing kaget.

Ilustrasi daftar emoji yang bisa diberikan melalui fitur Timed Reactions yang tengah diuji coba YouTube.YouTube Ilustrasi daftar emoji yang bisa diberikan melalui fitur Timed Reactions yang tengah diuji coba YouTube.

Secara garis besar, fitur ini bakal menyajikan kemampuan yang serupa seperti fitur Reactions yang telah dimiliki Instagram.

Baca juga: Cara Mendapatkan Emoji Durian yang Viral di TikTok

Hanya saja, emoji tersebut hanya dapat diberikan secara spesifik di beberapa bagian tertentu dalam video. Sebagai contoh, pengguna dapat memberikan emoji love di menit 10:00 pada video ditayangkan.

Ilustrasi fitur Timed Reactions yang sedang diuji coba YouTube.YouTube Ilustrasi fitur Timed Reactions yang sedang diuji coba YouTube.

Melalui keterangan yang disampaikan di laman Support Google, Community Manager Meaghan menjelaskan bahwa fitur Timed Reactions akan ditampilkan secara anonim.

Dengan kata lain, identitas akun pengguna yang memberikan emoji tidak akan dapat dilihat oleh pengguna lainnya.

Meaghan juga mengatakan bahwa Timed Reactions merupakan sebuah fitur lanjutan dari fitur Timed Comments yang telah diuji coba beberapa waktu lalu.

Baca juga: Aplikasi YouTube Bebas Iklan Akhirnya Dihapus

"Kami menerima banyak tanggapan positif terkait fitur timed comments beta sehingga kami ingin menguji fitur serupa," tulis Meaghan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Support Google, Jumat (1/4/2022).

Pengujian fitur Timed Reactions, menurut Meaghan, akan dilakukan oleh sebagian kecil pengguna YouTube.

Tidak menutup kemungkinan jika emoji yang sedang diuji coba akan terus bertambah atau justru berkurang, tergantung keputusan hasil uji coba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com