Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Charles Babbage dan Sejarah Komputer

Kompas.com - 03/04/2022, 09:30 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Charles Babbage dikenal sebagai penemu komputer. Perjalanannya dalam penemuan komputer dimulai saat 1822 saat ia menciptakan mesin penghitung yang dapat menjalankan perhitungan aritmatika.

Charles Babbage pun dikenal sebagai “Bapak Komputer” karena kontribusinya dalam menemukan mesin penghitung yang berkembang menjadi komputer.

Charles Babbage lahir di Walworth, Surrey pada 26 Desember 1791. Ayahnya bernama Benjamin Babbage seorang bankir dan ibunya bernama Elizabeth Teape. 

Baca juga: 12 Jenis Port Komputer beserta Fungsi dan Gambarnya

Saat masih kecil, Babbage menerima pendidikan dari guru privat, sebab saat berusia delapan tahun, ia mengidap suatu penyakit demam yang mengkhawatirkan.

Namun sebenarnya ia pernah belajar di sekolah King Edward VI Grammar School di wilayah South Devon, Inggris sekitar tahun 1808-an. Seiring berjalannya waktu, Babbage pun mulai dapat bersekolah secara normal di lingkungan akademi Holmwood, Middlesex, Inggris.

Saat itulah ketertarikannya pada dunia matematika mulai tumbuh. Hingga pada 1810, dirinya mulai masuk ke Trinity College yaitu kampus di bawah naungan Universitas Cambridge dan kampus Peterhouse pada 1812.

Disini, Babbage menjadi mahasiswa terbaik dan lulus pada tahun 1814. Namun meskipun menjadi mahasiswa terbaik, disinyalir Babbage ternyata cukup bosan dengan teori matematika yang dipelajari di kampusnya.

Baca juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Rasa bosan tersebut yang melatarbelakangi dirinya membuka suatu kelompok bernama Analytical Society pada 1812.

Tujuannya adalah untuk mengulik lebih dalam soal matematika. Pasalnya saat itu matematika dinilai dapat menyelesaikan banyak persoalan di berbagai sektor industri, seperti navigasi, sains, hingga engineering.

Penyelesaian masalah menggunakan metode matematika menggunakan tabel perhitungan dianggap masih memakan waktu dan uang yang tidak sedikit dan akan banyak kalkulasi yang mungkin dilakukan.

Sejarah komputer: awal mula perkembangan

Difference Engine 0 Wikimedia Difference Engine 0

Berawal dari permasalahan tersebut, Pada tahun 1819 Babbage mulai merancang alat yang dapat menyelesaikan persoalan matematika. Hingga pada 1822 alat tersebut selesai dibuat dan dinamai dengan “Difference Engine 0”

Difference Engine inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan komputer saat ini. Dapat dikatakan mesin ini merupakan komputer pertama di dunia.

Bentuk mesin ini sendiri sangat jauh berbeda dengan komputer masa kini. Mesin tersebut bahkan memiliki berat hingga belasan ribu kilogram dengan tinggi lebih dari dua meter.

Baca juga: Macam-macam Browser Internet untuk HP dan Komputer

Namun dalam prinsip kerjanya, Difference Engine sama dengan komputer saat ini yaitu melakukan penghitungan angka alias komputasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com