5 Tips Membuat Password yang Kuat biar Akun Medsos Tak Mudah Dibobol

Kompas.com - 03/04/2022, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Di era serba digital ini,  media sosial medsos menjadi platform yang cukup berguna untuk mempermudah komunikasi antar pengguna. Platform media sosial seperti Instagram atau Twitter, bisa menghubungkan pengguna dari berbagai pelosok wilayah.

Agar bisa mengakses medsos tersebut, pengguna perlu memiliki nama akun serta password-nya. Password atau kata sandi itu berfungsi untuk mengautentikasi kepemilikan akun, supaya tidak diakses oleh sembarang orang.

Tak bisa dipungkiri lagi, akun dalam sebuah medsos juga berisi data pribadi yang harus dilindungi, misal seperti foto pribadi, percakapan antar pengguna, dan sebagainya. Sebab itu, password menjadi salah satu jalan untuk melindungi data pribadi tersebut.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Kuota Biar Tak Boros Paket Data Internet

Password pada akun medsos sejatinya tak bisa dibuat secara sembrono. Ada beberapa kaidah yang harus diikuti untuk membuat password yang kuat, supaya tidak mudah dibobol atau diakses oleh orang lain.

Lantas, apa saja kriteria password yang baik? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Microsoft.

Cara membuat password yang kuat

1. Password minimal berisi 12 karakter

Beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan Twitter, biasanya meminta pengguna untuk membuat akun dengan password yang berisi enam hingga delapan karakter. Kata sandi yang kuat paling tidak berisi 12 karakter atau bakal lebih baik jika di atasnya.

2. Password berisi kombinasi karakter

Buatlah password dengan kombinasi dari berbagai karakter, angka, huruf, dan simbol. Kemudian, karakter huruf untuk membuat password bisa dengan kombinasi huruf kecil dan kapital.

3. Hindari password dengan kata umum

Cara membuat password yang kuat bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kata umum. Kata umum ini misalnya sebuah istilah yang menyangkut dengan identitas pengguna, misal nama, tempat bekerja, organisasi, dan sebagainya.

Kata umum juga bisa berarti istilah yang kerap dipakai sehari-hari, misal “selamat pagi”, “halo”, dan sebagainya. Hindari penggunaan kata umum tersebut untuk membuat password. Ini bertujuan agar kata sandi tak mudah ditebak oleh orang lain.

4. Hindari menggunakan password yang sama

Selanjutnya, hindari menggunakan susunan password yang sama dengan di tiap akun medsos. Misalnya, bilah telah menggunakan password “X” di Instagram, usahakan membuat susunan password baru yang berbeda di Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.