Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Aplikasi, Game, dan Film di Google Play Store Indonesia Naik

Kompas.com - 04/04/2022, 14:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah resmi menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 persen ke 11 persen mulai 1 April kemarin.

Hal ini tentunya berdampak pada harga penjualan berbagai barang dan jasa yang dijual di Indonesia, termasuk layanan berbayar yang ditawarkan di toko aplikasi smartphone Android, Google Play Store untuk wilayah Indonesia.

Dalam laman resminya, pihak Google mengatakan seluruh penjualan (in-app purchase) yang terjadi di Play Store, termasuk pembelian aplikasi, game, film, buku, dan lain sebagainya bakal dikenakan tarif PPN yang berlaku di negara masing-masing.

Baca juga: Tagihan IndiHome Resmi Naik Mulai April, Imbas PPN 11 Persen

Pantauan KompasTekno, Senin (4/4/2022), toko aplikasi Play Store region Indonesia tampaknya sudah menerapkan tarif PPN terbaru dengan besaran 11 persen.

Pembelian layanan berbayar game Clash Royale melalui Google Play Store yang kini lebih mahal.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Pembelian layanan berbayar game Clash Royale melalui Google Play Store yang kini lebih mahal.

Ketika kami mencoba membeli layanan permium "Pass Royale" di game bikinan Supercell Clash Royale seperti pada gambar di atas, misalnya, kami terpaksa harus membayar Rp 87.690.

Angka tersebut berasal dari harga dasar layanan berlangganan yang bernilai Rp 79.000 ditambah dengan PPN 11 persen dari harga tersebut yang tercatat di angka Rp 8.690.

Padahal pada bulan Maret ketika tarif PPN masih 10 persen, kami hanya membayar Rp 86.900 untuk layanan yang sama, di mana rinciannya terdiri dari Rp 79.000 yang berupa harga layanan dasar dan Rp 7.900 dari PPN 10 persen.

Baca juga: Tarif PPN 11 Persen Berlaku, Harga Kuota Data dan Pulsa Semua Operator Naik

Selain game, pembelian film di Play Store juga bakal dikenakan PPN 11 persen. Ketika KompasTekno mencoba membali film Avengers: End Game versi HD, misalnya, kocek yang harus kami keluarkan adalah Rp 140.970.

Pembelian film dan buku di Play Store yang sudah dikenakan tarif PPN 11 persen.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Pembelian film dan buku di Play Store yang sudah dikenakan tarif PPN 11 persen.

Harga tersebut berasal dari harga dasar film itu yang bernilai Rp 127.000, yang ditambahkan dengan PPN 11 persen dari harga dasar yang bernilai Rp 13.970.

Baca juga: PPN Jadi 11 Persen, Harga Smartphone di Indonesia Tidak Naik

Untuk pembelian buku sendiri, harga yang ditampilkan Google di Play Store tampaknya sudah termasuk pajak alias PPN 11 persen.

Nantinya, rincian harga dasar dari buku tersebut, begitu juga potongan pajaknya akan ditampilkan secara terpisah melalui faktur pembayaran (invoice) yang dikirimkan melalui e-mail.

Nah, dengan naiknya tarif PPN mejadi 11 persen per 1 April 2022, bisa kami simpulkan bahwa pembelian aplikasi, game, film, buku, dan lain sebagainya di toko aplikasi Play Store kini akan sedikit lebih mahal dari bulan-bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com