Kompas.com - 04/04/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - iPhone terkenal punya pengembangan hardware dan software yang cukup mumpuni. Namun, bukan berarti ponsel rakitan Apple tersebut tak ada masalah.

Sistem operasi iPhone kadang juga memiliki bug atau gangguan. Pernahkah Anda mengalami notifikasi musik di iPhone muncul secara terus menerus, padahal tak ada audio yang sedang diputar? Contohnya, seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga: 3 Cara Mengosongkan Memori iPhone yang Penuh Tanpa Aplikasi Tambahan

Ilustrasi widget pemutar musik yang macet di layar kunci iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi widget pemutar musik yang macet di layar kunci iPhone

Layar kunci iPhone terus menampilkan notifikasi pemutar musik dengan tidak ada audio yang sedang diputar atau dimainkan. Bahkan, saat ditekan tombol Play pun juga tidak ada suara musik yang mengalun.

Kadang tombol Play itu pun macet, dalam artian tidak bisa ditekan lagi untuk Pause. Notifikasi musik iPhone macet ini tampaknya menjadi salah satu bagian dari bug.

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut di forum diskusi pengembang Apple (Apple Developer), kasus notifikasi musik iPhone macet ini tampaknya sudah terjadi sejak empat tahun lalu.

“Sepertinya tidak dapat menemukan cara untuk menghapus pemutar musik di layar kunci (iPhone). Bahkan tanpa musik yang diputar ada di sana. Ada orang lain yang melihat ini?” , tanya pengguna dengan nama akun Cozyboy di forum Apple Developer empat tahun lalu.

Unggahan pertanyaan pengguna tersebut hingga kini setidaknya telah dilihat sebanyak 166 ribu kali. Fitur notifikasi musik di iPhone sendiri berupa widget, di mana terdapat tombol untuk mengontrol audio yang sedang berjalan, seperti Play, Pause, dan Next.

Widget pemutar musik iPhone biasanya muncul di layar kunci bila terdapat audio atau video yang sedang dimainkan pengguna. Misalnya, Anda sedang mendengar musik dari Spotify atau Apple Musik, lalu mengunci layar iPhone, maka widget tersebut bakal muncul.

Anda bisa mengatur pemutaran audio lewat widget itu tanpa harus membuka layar kunci iPhone, alih-alih membuka aplikasinya.

Widget pemutar musik dari layar kunci iPhone ini juga bisa muncul secara otomatis saat ponsel terhubung dengan earphone menggunakan Bluetooth dan sedang mendengarkan audio.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.