Kompas.com - Diperbarui 05/04/2022, 09:51 WIB

KOMPAS.com- Pemerintah bakal memberikan bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng senilai Rp 300.000 pada masyarakat. Lewat bantuan tersebut pemerintah ingin mengurangi beban masyarakat akibat lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

BLT minyak goreng ini akan diberikan tiap bulan sebesar Rp 100.000, selama bulan April, Mei, dan Juni 2022, yang dibayar secara sekaligus di awal April senilai Rp 300.000.

Baca juga: Cara Cek BI Checking secara Online di SLIK OJK, Bisa Lewat HP

Sementara itu, BLT minyak goreng Rp 300.000 ini tidak tidak dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Hanya masyarakat yang memenuhi kriteria tertentu, yang bakal bisa menerima bantuan tersebut.

Syarat penerima BLT minyak goreng adalah keluarga yang terdaftar sebagai penerima bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH), sebagaimana dilansir Kompas.com.

Kemudian, bantuan juga bakal diberikan pada 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan. Untuk cek penerima BLT minyak goreng ini, bisa dilakukan secara online lewat website dan aplikasi dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Ada pun penjelasan cara cek penerima BLT lewat website dan aplikasi Kemensos adalah sebagai berikut:

1. Cara cek penerima BLT minyak goreng di website Kemensos

  • Kunjungi website berikut ini cekbansos.kemensos.go.id, lewat browser di laptop atau ponsel
  • Masukkan data yang diminta, seperti nama lengkap sesuai KTP dan wilayah domisili
  • Ketikkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
  • Klik "Cari Data"
  • Selanjutnya, jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos
  • Pastikan dalam kolom status BPNT atau PKH tertulis "Ya", sehingga Anda berhak nantinya mendapat BLT minyak goreng.

Baca juga: Pertamax Resmi Naik, Ini Cara Cek Harga BBM Terbaru via MyPertamina

2. Cara cek penerima BLT minyak goreng di aplikasi Cek Bansos

  • Buka aplikasi Cek Bansos di ponsel. Bila belum memilikinya unduh terlebih dahulu di toko aplikasi Google Play Store, aplikasi Cek Bansos ini hanya tersedia untuk ponsel Android.
  • Setelah berhasil terunduh dan terpasang, buka Cek Bansos dan pilih menu "Cek Bansos" yang tertera di halaman awal aplikasi tersebut
  • Kemudian, masukkan data diri seperti wilayah dan nama lengkap sesuai KTP
  • Klik "Cari Data" , tunggu beberapa saat hingga status penerima BPNT atau PKH muncul. Jika status tersebut muncul, berarti Anda berhak mendapat BLT minyak goreng

Selain dua cara di atas, cara cek penerima BLT minyak goreng juga bisa dilakukan dengan menanyakan langsung terkait status kepesertaan dalam program BPNT atau PKH, di kantor Dinas Sosial setempat.

Baca juga: Cara Cek E-Tilang secara Online untuk Memastikan Apakah Melanggar Lalu Lintas atau Tidak

Untuk penyaluran BLT minyak goreng ini, bakal dilaksanakan mulai bulan April 2022, dengan koordinasi antar berbagai lembaga, meliputi Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI, serta Polri. Itulah cara cek penerima BLT minyak goreng, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.