Kompas.com - 04/04/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Apple tidak menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengotak-atik atau mengubah tema dari Home Screen iPhone secara keseluruhan. Pengguna hanya bisa mengubah gambar latar belakang atau Background pada layar iPhone.

Beda dengan ponsel Android yang secara umum memungkinkan pengguna untuk mengubah tema tampilan layarnya. Bagi sebagian pengguna iPhone mungkin sepakat bila Home Screen iPhone itu cukup membosankan.

Tak banyak fitur yang disediakan Apple untuk mengubah Home Screen iPhone supaya bisa jadi lebih aesthetic (estetis atau indah). Belakangan ini saja, sejak kehadiran versi sistem operasi iOS 14, pengguna baru bisa menambah widget ke Home Screen.

Baca juga: 3 Cara Mengosongkan Memori iPhone yang Penuh Tanpa Aplikasi Tambahan

Layar “home” sendiri atau biasa dikenal dengan Home Screen merupakan bagian utama dari tampilan layar ponsel, yang biasanya digunakan sebagai wadah untuk memuat berbagai aplikasi.

Di kebanyakan ponsel Android, pengguna bisa mengubah tema dari Home Screen tersebut, yang meliputi pengubahan font, logo atau ikon aplikasi, gambar latar belakang, animasi pergerakan layar, dan sebagainya.

Beda cerita dengan di Home Screen iPhone, pengguna mentok hanya bisa mengubah tema tampilan layarnya menjadi gelap (Dark Mode), mengganti gambar Background, dan menambahkan widget.

Pengubahan itu pun dilakukan secara manual dengan mengaturnya satu per satu, bukan terintegrasi dalam satu menu pengaturan tema seperti yang tersemat pada ponsel Android kebanyakan.

Cukup sulit untuk membuat Home Screen aesthetic di iPhone. Kendati demikian, masih ada cara yang bisa ditempuh pengguna bila ingin membuat Home Screen aesthetic di iPhone.

Cara membuat Home Screen aesthetic itu dapat dilakukan dengan mengganti ikon aplikasi iPhone dengan gambar-gambar yang lebih menarik. Mengganti ikon aplikasi iPhone ini tidak membutuhkan dukungan dari aplikasi tambahan.

Anda cukup memiliki gambar-gambar dengan tema senada yang tersimpan di galeri, kemudian memanfaatkan fitur dari aplikasi bawaan bernama “Shortcuts” atau “Pintasan” untuk membuat gambar tersebut jadi ikon aplikasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.