Kompas.com - 04/04/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Tiap platform media sosial tampaknya memiliki cara berinteraksi yang berbeda-beda dibentuk oleh penggunanya, termasuk pemakaian bahasa gaul atau slang.

Misalnya,  belakangan bahasa gaul yang kerap dipakai di TikTok adalah kata TBL atau akronim dari kalimat pendek “Takut Banget Lho”, untuk mengungkapkan keterkejutan terhadap sesuatu.

Baca juga: Cara Membuat GIF di iPhone lewat Kamera Twitter, Sudah Coba?

Berbeda lagi dengan di Twitter, terdapat cukup banyak juga bahasa gaul yang kerap digunakan pengguna, termasuk salah satunya adalah kata “mmf”. Bagi Anda yang aktif main Twitter, mungkin sudah kerap menjumpai kata mmf berseliweran di linimasa.

Namun, tahukah apa arti mmf dalam bahasa gaul yang kerap dipakai di Twitter? Kendati tidak diketahui siapa pencetus kata tersebut, namun mmf tampaknya cenderung sering dipakai oleh akun yang memainkan RP (role play) di Twitter.

RP sendiri merupakan aktivitas bermain peran dengan karakter yang mengacu pada tokoh atau artis tertentu, biasanya artis dari Korea Selatan. Akun yang memainkan RP biasanya ditandai dengan tulisan identitas berupa “Roleplayer” atau “Fiksi” di bio Twitter.

Akun RP di Twitter bukanlah akun resmi dari seorang artis, melainkan dibuat oleh pengguna tertentu yang ingin bermain peran seolah menjadi artis tersebut. Ada cukup banyak akun RP di Twitter yang tengah bermain peran menjadi sosok artis tertentu dan saling berinteraksi.

Dari interaksi antar akun RP tersebut, diketahui penggunaan salah kata dalam bahasa gaul di Twitter ini. Misalnya, akun RP dengan handle @_LEED0HYUN menyebutkan kata “mmf” sembari membagikan foto, seperti yang tertera di bawah ini.

Baca juga: Apa Nama Burung yang Jadi Logo Twitter?

Sementara itu, ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai arti mmf. Begitu pula jika ditelusuri lewat kolom pencarian di Twitter pada bagian “Latest” (yang terbaru), tidak ada pengguna yang menjelaskan arti mmf secara pasti.

Namun dari pencarian tersebut, setidaknya diketahui kebiasaan pengguna dalam memakai kata mmf. Dari kebiasaan tersebut, mmf bisa digunakan untuk mewakili ungkapan meminta maaf.

Sebagai contoh, kata “mmf” digunakan oleh akun dengan handle @Lovebirrdd untuk mengomentari unggahan Kompas TV, yang menukil pernyataan maaf dari Erick Thohir Menteri BUMN karena kenaikan harga bensin Pertamax.

Dengan demikian, arti mmf adalah sama halnya dengan ungkapan maaf atau mohon maaf. Tampaknya mmf bukanlah akronim atau penyingkatan istilah seperti kata TBL.

Baca juga: Arti Kata Menfess yang Sering Dipakai di Twitter

Kata mmf cenderung dipakai untuk menyingkat penulisan dari kata “maaf”, sama seperti menulis “Sy” untuk menyingkat kata “saya”. Itulah arti kata mmf yang kerap digunakan di Twitter, semoga bermanfaat,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.