6 Tips Memilih Toko Online agar Tidak Kena Tipu

Kompas.com - 04/04/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Belanja secara online sudah menjadi tren. Terlebih lagi sejak pandemi, sebagian orang lebih memilih belanja online karena dirasa lebih praktis, mudah, dan aman.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai marketplace yang menjadi pilihan utama pengguna saat belanja online. Marketplace tersebut tentu memiliki beragam toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan.

Meskipun marketplace telah menjamin keamanan transaksi yang dilakukan pengguna, namun, Anda juga perlu berhati-hati memilih toko di marketplace saat belanja online agar tidak tertipu.

Nah, agar belanja online makin aman, berikut inibeberapa tips memilih toko di marketplace yang aman dan terpercaya agar tidak tertipu.

Baca juga: Sejarah Harbolnas 12.12, Momen Belanja Online yang Tak Lagi Spesial

1. Cek review produk

Setiap produk yang terjual dari toko online akan menyediakan kolom ulasan atau review produk yang bisa dibuat oleh pelanggan.

Berbagai pelanggan yang membeli dan telah menggunakan produk tersebut dapat menyampaikan pendapat dan testimoninya di kolom tersebut.

Sempatkan untuk mengecek review produk di toko online yang dituju. Semakin banyak ulasan baik yang diterima, maka semakin terpercaya toko tersebut.

2. Lihat reputasi penjual

Memilih toko di marketplace saat belanja online agar tidak tertipu dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan reputasi penjual melalui profil toko.

Anda dapat melakukan beberapa langkah seperti memastikan toko apakah aktif atau tidak, lamanya umur toko, hingga kapan chat terakhir online.

3. Cek rating toko

Rating toko biasanya merupakan hasil penilaian pelanggan yang telah membeli dan menggunakan salah satu produk dari toko tersebut. Rating toko ini direpresentasikan dengan penilaian 1-5 dan ditambah ikon bintang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.