Kompas.com - 04/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Komplotan hacker melakukan aksi pencurian mata uang kripto (cryptocurrency) di game Non Fungible Token (NFT) populer, Axie Infinity.

Nilai mata uang kripto yang dibobol hacker ditaksir mencapai 625 juta dolar AS (sekitar Rp 8,9 triliun). Ada dua jenis koin kripto yang telah direnggut hacker, terdiri dari 173.600 Ethereum (ETH) dan 25,5 juta USD Coin (USDC).

Selaku pihak pengembang, Sky Mavis menyatakan bahwa upaya pencurian tersebut dilakukan pada 23 Maret lalu di jaringan blockchain milik perusahaan, Ronin Network.

Baca juga: Kartu Kredit Bos Riot Games Dipakai untuk Tambang Mata Uang Kripto

Dalam melancarkan aksinya, pelaku diketahui membobol sistem Ronin yang menjembatani game Axie Infinity dengan blockchain cryptocurrency lainnya seperti Ethereum, diikuti dengan pembekuan transaksi.

Hal ini kemudian memberikan akses kepada hacker untuk dapat melakukan penyetoran koin kripto Ethereum atau USDC ke Ronin Network secara diam-diam.

Koin tersebut lantas bisa digunakan untuk membeli NFT atau mata uang di dalam game. Pelaku juga dapat menjual aset NFT yang diperoleh di dalam game dan melakukan penarikan dana.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Sky Mavis, pelaku menggunakan kunci keamanan pribadi yang diretas untuk melewati sembilan node jaringan, yang dipakai untuk memvalidasi proses transfer di blockchain Ronin.

Sejauh ini, hacker diketahui telah meraih empat node validator milik Sky Mavis, dan validator pihak ketiga yang dijalankan di game, Axie DAO.

Baca juga: Hacker Tipu Pemilik NFT di OpenSea, Bobol Rp 24 Miliar

Ini dinilai cukup untuk melewati proses validasi di blockchain Ronin, mengingat syarat yang ditentukan memerlukan lima dari sembilan tanda tangan digital validator.

Metode tanda tangan digital validator sejatinya digunakan Sky Mavis untuk mencegah terjadinya upaya peretasan. Hanya saja, pada kasus ini hacker berhasil menemukan back door yang mereka gunakan untuk mendapatkan tanda tangan validator Axie DAO.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.