Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Edge 2022 Benar Ada atau Rumor Belaka? Ini Faktanya

Kompas.com - Diperbarui 20/07/2022, 08:52 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, beberapa model HP Nokia terbaru ramai dicari warganet. Beberapa model yang bermunculan di beberapa media sosial misalnya, Nokia X 150, Nokia n100 2022, atau Nokia 7610 5G.

Namun, model yang paling banyak diperbincangkan adalah Nokia Edge 2022. Dari penelusuran KompasTekno, perbincangan Nokia Edge 2022 cukup ramai di TikTok.

Tak ayal, banyak konten teks maupun video menyematkan judul "Nokia Edge 2022 yang viral di TikTok". Di TikTok, ada beberapa kueri lain yang menyertai Nokia Edge 2022, seperti "Nokia Edge max", Nokia Edge 2022 atau "Nokia Edge mirip iPhone".

Kueri "Nokia Edge mirip iPhone" mungkin muncul dari beberapa konten video yang menampilkan desain sebuah smartphone berlogo "Nokia" di punggung, memiliki modul kamera yang amat mirip iPhone 12 atau iPhone 13 series.

Rumor spesifikasi Nokia Edge 2022

Kemungkinan, wujudnya yang mirip iPhone terbaru itulah yang membuat orang-orang penasaran dengan Nokia Edge 2022.

Baca juga: Viral di TikTok, Nokia Edge 2022 Hanya Angan-angan Fans?

Namun, jika ditelusuri lagi di video TikTok tentang "Nokia Edge 2022", bocoran render desainnya berbeda-beda, dari satu video dengan video yang lain.

Tampang belakangnya memang hampir seragam, yakni punggung berhias modul kamera dengan susunan lensa zig-zag ala iPhone 12 atau iPhone 13 seperti video satu ini.

Hanya saja, ada sedikit perbedaan di tengah punggung. Misalnya ada logo "Nokia" dengan bingkai lingkaran putih seperti video ini atau hanya tulisan "Nokia" saja.

Tapi penampakan depannya, berbeda-beda. Ada yang layarnya dihiasi notch atau "bilah memanjang seperti iPhone X, ada yang dihiasi lubang kamera kecil di tengah seperti Galaxy S22 series, ada juga yang tanpa "notch" atau lubang kamera.

Hal ini cukup tak lazim. Memang, sebelum meluncur, rumor spesifikasi dan wujud smartphone baru memang banyak beredar. Akan tetapi, umumnya tidak banyak versi bocoran yang berbeda.

Baca juga: Nokia Menyerah Bikin Smartphone Flagship, Fokus ke Ponsel Murah

Tidak cuma desain. Rumor spesifikasi lain Nokia Edge 2022 juga memiliki banyak versi. Rata-rata, bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022 menyebut bahwa ponsel akan mengusung spesifikasi yang gahar.

RAM misalnya, ada yang menyebut akan berkapasitas 10 GB, 12 GB, atau 16 GB. Kapasitas baterainya juga disebut super jumbo, di atas rata-rata smartphone masa kini, yakni 6.900 mAh, 7.400 mAh, 7.150, dan sebagainya.

Salah satu yang bocoran spesifikasi Nokia Edge yang cukup mengganjal adalah chipset yang disematkan. Sebab, tidak sedikit yang menyebut ponsel ini akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 898 5G, seperti yang dipaparkan situs GSM Arena Specs.

Padahal, chipset seri tersebut saat ini tidak ada. Pada akhir tahun 2021 lalu, Qualcomm resmi mengubah nomenklatur chipsetnya, di mana penamaan seri 800 sudah tidak lagi digunakan.

Adapun chipset terakhir yang menggunakan nomenklatur tersebut adalah Snapdragon 888.
Setelahnya, bukan Snapdragon 898, melainkan Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: Daftar Harga HP Nokia Android Terbaru Maret 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com