Link Download Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Kompas.com - 05/04/2022, 10:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022 sejak 12 Februari 2022 melalui ppg.kemdikbud.go.id

Adapun pengumuman hasil seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 telah diumumkan sejak 7 Maret 2022.

Peserta yang lolos administrasi akan mengikuti proses seleksi akademik PPG yang akan dilaksanakan pada 9 April 2022 hingga 24 April 2022 dan akan dilaksanakan secara daring berbasis domisili.

Sehubungan dengan pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022, Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, menyampaikan kisi-kisi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022.

Link download kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 dapat diunduh melalui tautan berikut ini. Tahap persiapannya meliputi langkah–langkah berikut ini, seperti dilansir laman resmi PPG Kemendikbud.

Baca juga: Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru dan Fitur-fiturnya

Tahapan persiapan seleksi akademik

  • Instal aplikasi seleksi akademik secara mandiri mulai 2 April 2022.
  • Cetak kartu peserta seleksi akademik pada 6 April 2022 melalui akun SIMPKB masing-masing.
  • Koordinasi peserta dengan pengawas sesuai pembagian sesi peserta masing-masing.
  • Uji coba seleksi akademik sesuai jadwal. Jadwal pelaksanaan seleksi akademik dapat dilihat melalui link berikut ini.

Perangkat yang dibutuhkan:

  • Laptop yang sudah terpasang aplikasi seleksi akademik (SEB).
  • Ponsel yang sudah terpasang aplikasi Zoom dan WhatsApp serta koneksi internet, minimal kuota 10 GB.

Peserta dapat mengunduh aplikasi dan tata cara instal aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 pada link berikut ini

Dilansir dari laman resmi PPG, peserta seleksi administrasi yang lolos berjumlah 391.530 guru. Peserta yang lolos harus melakukan pemutakhiran nomor telepon (WhatsApp), pas foto, dan tautan belajar.id pada profil SIMPKB masing-masing.

Baca juga: Cara Menautkan SIMPKB ke Akun Belajar.id untuk PPG 2022

Sebagai informasi, PPG merupakan pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi guru. Tujuan PPG adalah meningkatkan keterampilan dan kompetensi guru dalam mengajar.

Guru yang mengikuti seleksi PPG dan belum menjadi pegawai negeri sipil (PNS) akan berpeluang besar lolos seleksi CPNS. Adapun guru PNS yang mengikuti seleksi PPG Dalam Jabatan 2022 akan mendapat sertifikasi dan berpengaruh pada penghasilan bulanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.