Kompas.com - 05/04/2022, 14:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk baru saja memborong 9,2 persen saham Twitter senilai 2,9 triliun dolar AS (sekitar Rp 41 triliun).

Langkah finansial ini menghasilkan efek domino terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan Elon Musk. Salah satu yang terdampak adalah mata uang kripto (cryptocurrency) Dogecoin (DOGE).

Menurut sejumlah laporan, harga Dogecoin melesat sekitar 10 persen setelah Musk membeli lebih dari 73 juta lembar saham Twitter.

Baca juga: Elon Musk Borong Saham Twitter Senilai Rp 41 Triliun

Pantauan KompasTekno di situs web Coinmarketcap, Selasa (5/4/2022), harga satu keping Dogecoin terpantau meroket ke angka Rp 2.222 per koin pada Rabu (4/4/2022) sekitar pukul 18.30 WIB.

Padahal di hari yang sama sekitar pukul 17.00 WIB, harga Dogecoin terpantau di angka Rp 2.037 per keping.

Harga mata uang kripto Dogecoin dalam dua hari belakangan hingga sekarang.Coinmarketcap Harga mata uang kripto Dogecoin dalam dua hari belakangan hingga sekarang.

Apabila melihat grafik gambar di atas, harga DOGE sempat turun ke angka Rp 2.048 per keping pada Selasa (5/4/2022) sekitar pukul 01.00 WIB.

Namun saat ini, harga mata uang kripto tersebut kembali naik ke angka Rp 2.135 per kepingnya pada pukul 06.00 WIB pada hari yang sama.

Belum bisa dipastikan apakah nilai Dogecoin akan terus konsisten meningkat atau tidak, mengingat mata uang kripto biasanya memang rentan naik atau turun dengan sangat cepat.

Elon Musk sendiri merupakan sosok yang dikenal "bisa" menaikkan harga mata uang kripto, seperti Dogecoin tadi, hingga Bitcoin (BTC) melalui sejumlah aksi yang dilakukannya atau melalui serangkaian twit.

Baca juga: Apa Itu Dogecoin, Mata Uang Kripto Lelucon yang Dipromosikan Elon Musk

Elon Musk yang dijuluki sebagai "Dogefather" ini sebelumnya juga sempat membuat harga mata uang kripto tersebut naik pada Januari lalu sebesar 11 persen. Kenaikan tersebut terjadi setelah toko merchandise Tesla menerima pembayaran Dogecoin. 

Kemudian, Musk juga sempat bekerja sama dengan sejumlah pengembang Dogecoin pada Mei 2021 lalu, dan langkah ini membuat harga cryptocurrency tersebut meroket 22 persen.

Lalu pada Maret 2021 lalu, twit Musk yang memastikan bahwa ia tidak menjual berbagai aset kriptonya, termasuk Dogecoin membuat harga DOGE aik sekitar 10 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CoinDesk, Selasa (5/4/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CoinDesk
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.