Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Lazim, Spesifikasi Nokia Edge 2022 yang Viral di TikTok

Kompas.com - 05/04/2022, 16:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa hari belakangan, warganet ramai memperbincangkan salah satu model HP Nokia terbaru yang sedang viral di internet. Model itu adalah Nokia Edge 2022 atau yang kerap disebut pula dengan "Nokia mirip iPhone".

Konten tentang Nokia Edge 2022 bertebaran di TikTok dan YouTube, serta berbagai situs berita teknologi yang membagikan informasi spekulasi spesifikasi yang bakal diusung ponsel tersebut.

Namun, tidak seperti rumor atau bocoran desain dan spesifikasi ponsel pada umumnya, ada banyak hal yang bisa dibilang "tak lazim" -jika tidak ingin disebut aneh- mengenai bocoran desain dan spesifikasi Nokia Edge 2022. Apa saja?

Baca juga: Nokia Edge 2022 Benar Ada atau Rumor Belaka? HMD Menjawab

Banyak versi bocoran desain Nokia Edge 2022

Berdasarkan penelusuran KompasTekno dari berbagai sumber, Selasa (5/4/2022), pada aspek tampilan, bocoran render desain Nokia Edge 2022 yang beredar di internet bisa dibilang berbeda-beda, baik dari satu video atau situs web satu dan yang lainnya. 

Menurut beberapa video atau gambar, tampang belakang ponsel tersebut memang hampir seragam, yakni punggung berhias modul kamera dengan susunan lensa zig-zag ala iPhone 12 atau iPhone 13.

Namun, hiasan di bagian tengah punggung ponsel ini sedikit berbeda antar satu rumor dengan rumor lainnya.

Satu rumor mengatakan bahwa ponsel tersebut bakal dihiasi dengan logo khas "Nokia" saja, sedangkan rumor lainnya mengeklaim bahwa tulisan tersebut bakal turut dihiasi dengan lingkaran berwarna putih.

Baca juga: Daftar Harga HP Nokia Android Terbaru Maret 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

Informasi tentang bocoran desain Nokia Edge 2022 yang beredar di internet, memilki beragam versi. Beberapa di antaranya seperti gambar berikut, di mana salah satu gambar (kiri) logo Nokia tersemat di punggung tanpa bingkai. Berbeda dengan tampilan gambar lain (kanan), di mana logo Nokia dibingkai frame lingkaran putih.Ist Informasi tentang bocoran desain Nokia Edge 2022 yang beredar di internet, memilki beragam versi. Beberapa di antaranya seperti gambar berikut, di mana salah satu gambar (kiri) logo Nokia tersemat di punggung tanpa bingkai. Berbeda dengan tampilan gambar lain (kanan), di mana logo Nokia dibingkai frame lingkaran putih.

Selain desain belakangnya, tampilan depan Nokia Edge 2022 juga banyak yang berbeda dari satu kabar ke kabar lainnya.

Sejumlah kabar menyebut bahwa bagian depan ponsel ini akan mengadopsi desain "poni" lebar khas iPhone X dkk.

Ada pula yang mengeklaim bahwa ponsel ini bakal mengusung desain kamera selfie yang ditampung dalam lubang kamera (punch hole) yang diposisikan di bagian tengah atas layar seperti Galaxy S22 Series. 

Namun, konten video Nokia Edge 2022 yang beredar di internet kebanyakan tidak menampilkan bagaimana desain mukanya.

Spesifikasi Nokia Edge 2022: utopis dan mengganjal

Selain desain, seperti disebutkan di atas, banyak pula pihak yang membagikan informasi terkait bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022, yang digadang-gadang sebagai ponsel termumpuni di 2022 dan dinarasikan sebagai calon pesaing berat iPhone 13.

Informasi yang beredar juga simpang siur. Salah satu rumor mengeklaim bahwa ponsel ini bakal ditengai dengan chipset Snapdragon 898 5G.

Informasi ini bisa dikatakan cukup mengganjal. Sebab, Qualcomm sendiri telah mengganti nomenklatur untuk chipsetnya.

Akhir tahun lalu, Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 1 sebagai penerus Snapdragon 888. Jadi, Qualcomm tidak menggunakan penamaan Snapdragon 898.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com