Pengumuman Penerima Prakerja Gelombang 25, Ini Cara Lihat Hasil dan Beli Pelatihannya

Kompas.com - 06/04/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Penerima program Kartu Prakerja Gelombang 25 telah diumumkan mulai kemarin, Selasa (5/4/2022). Informasi ini bersumber dari unggahan akun Instagram resmi program Kartu Prakerja dengan handle @prakerja.go.id.

Baca juga: Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng via Website dan Aplikasi Kemensos

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Dari unggahan tersebut, diketahui bahwa pendaftar program Kartu Prakerja Gelombang 25 sudah bisa memeriksa hasil kelolosannya lewat situs “dashboard.prakerja.go.id”. Adapun cara cek penerima Prakerja Gelombang 25 adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi link pengumuman Prakerja Gelombang 25 berikut ini https://dashboard.prakerja.go.id/ 
  • Kemudian, login menggunakan akun yang telah terdaftar sebelumnya
  • Setelah berhasil login, periksa status kelolosan pada dashboard di situs tersebut
  • Jika lolos seleksi, peserta juga akan menerima kabar melalui SMS dan e-mail. Pastikan telah menonton tiga video tentang Kartu Prakerja untuk bisa lanjut melihat nomor Kartu Prakerja.

Sementara itu, jika peserta dinyaatkan tidak lolos, bakal muncul notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada halaman dashboard Prakerja. Peserta kemudian dapat melihat penyebab tidak lolos seleksi pada menu "Riwayat Gelombang" di halaman dashboard Prakerja.

Beli pelatihan Prakerja

Bagi peserta yang dinyatakan lolos Prakerja gelombang 25, sebaiknya mencatat 16 angka nomor Kartu Prakerja, yang bisa dilihat setelah menonton tiga video pengenalan program Kartu Prakerja.

Kemudian, pastikan juga saldo pelatihan sudah tersedia. Peserta yang lolos seleksi bakal mendapat bantuan pelatihan prakerja dengan saldo sebesar Rp 1.000.000. Saldo tersebut diberikan secara nontunai pada tiap akun yang lolos untuk daftar pelatihan.

Pembelian pelatihan bisa dilakukan dengan menggunakan 16 angka nomor Kartu Prakerja beserta saldo bantuan yang terdapat didalamnya. Kemudian, cari penyedia pelatihan Prakerja seperti di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, dan sebagainya.

Baca juga: Pertamax Resmi Naik, Ini Cara Cek Harga BBM Terbaru via MyPertamina

Tiap penyedia pelatihan biasanya memiliki cara pembelian yang berbeda. Sebagai contoh, beli pelatihan Prakerja di Tokopedia bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Tokopedia dan pastikan nomor handphone sudah terverifikasi di Tokopedia Ketik "Kartu Prakerja" di kolom pencarian
  • Pilih kategori pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang diinginkan
  • Klik "lihat detail" pada kelas yang diminati untuk cari tahu informasi terkait, termasuk cara menukarkan voucher
  • Klik "beli" dan jangan lupa masukkan kode promo bila tersedia
  • Pilih "Lihat semua" pada metode pembayaran. Pilih "Kartu Prakerja" pada bagian “Program Pemerintah”
  • Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja yang tertera di dashboard akun Prakerja, lalu lakukan verifikasi melalui SMS
  • Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher pada “Histori Transaksi Top Up dan Tagihan”, atau pada email yang terdaftar di Tokopedia
  • Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman website penyedia pelatihan yang sudah dibeli vouchernya
  • Saat kode voucher berhasil ditukar, peserta bisa mulai mengikuti pelatihan
  • Setelah mengikuti pelatihan, peserta bisa mengisi ulasan dan rating pada pelatihan yang telah diikutit dengan klik "Tulis Ulasan" pada halaman “Histori Transaksi Top Up dan Tagihan”

Untuk informasi cara beli pelatihan Prakerja di berbagai platform lainnya, peserta bisa mengakses lewat tautan ini. Sementara itu, bagi peserta yang telah menyelesaikan pelatihan pertama bakal mendapatkan insentif, dengan penjelasan sebagai berikut.

Baca juga: Cara Cek E-Tilang secara Online untuk Memastikan Apakah Melanggar Lalu Lintas atau Tidak

Insentif Prakerja

Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Insentif terdiri dari dua jenis, yakni:

  • Insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan
  • Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei.

Kemudian, Insentif Prakerja tersebut bakal diberikan pada peserta dengan kententuan:

  • Telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat
  • Jika penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama.
  • Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.
  • Telah memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan di dashboard Prakerja
  • Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet (dompet) di dashboard Prakerja. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi oleh perusahaan terkait.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.