Cara Mengukur Kecepatan Mobil via HP agar Tidak Kena E-Tilang di Jalan Tol

Kompas.com - 06/04/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Penerapan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik di jalan tol sudah mulai berlaku. Pengemudi mobil yang melintasi jalan tol dengan melebihi batas kecepatan tertentu bakal ditilang dan dikenakan sejumlah denda.

Pada wilayah Jabodetabek, kamera untuk memantau kecepatan kendaraan pun kini sudah mulai dipasang di sejumlah titik, seperti Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Layang MBZ, Sedyatmo, Dalam Kota, dan Kunciran-Cengkareng.

Jika kamera menemukan pelanggaran kecepatan maka bukti berupa foto atau video bakal dijadikan dasar untuk mengirimkan surat tilang ke alamat pemilik kendaraan, yang berisi informasi penilangan sekaligus besaran denda yang harus dibayar.

Baca juga: Cara Cek E-Tilang secara Online untuk Memastikan Apakah Melanggar Lalu Lintas atau Tidak

Sementara itu, batas kecepatan kendaraan yang diperbolehkan melaju di jalan tol berkisar antara 60 hingga 100 kilometer per jam (kpj), sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengemudi yang melanggar batas kecepatan tersebut bakal dikenakan denda sebesar Rp 500.000 atau kurungan paling lama dua bulan.

Agar menghindari denda tilang elektronik di jalan tol, pengemudi hendaknya senantiasa memeriksa laju kecepatan kendaraan.

Kendati di mobil terdapat alat Speedometer (pengukur laju kecepatan kendaraan), tak jarang pengemudi lupa untuk memeriksanya akibat mungkin terlalu fokus memperhatikan jalan. Alhasil, pengemudi bisa melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan.

Bila Anda termasuk pengemudi yang kerap lupa memeriksa Speedometer, Anda dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi di HP (handphone) untuk membantu mengukur kecepatan kendaraan.

Penumpang dalam mobil pun bisa turut mengukur kecepatan kendaraan saat melintasi tol menggunakan aplikasi HP tersebut. Bahkan, aplikasi tersebut juga dapat memberikan peringatan pada Anda jika kendaraan melebihi batas kecepatan tertentu.

Sudah penasaran dengan aplikasi pengukur kecepatan kendaraan? Berikut KompasTekno rangkumkan cara mengukur kecepatan kendaraan di HP.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.