Intel Tak Sengaja Bocorkan Spesifikasi GPU Arc A-Series?

Kompas.com - 06/04/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Intel sebelumnya mengumumkan akan merilis perangkat pengolah grafis (GPU) eksternal buatan sendiri pertamanya, yang dinamai Intel Arc A-Series.

Intel pun merilis video demo aplikasi yang dipakai untuk mengontrol GPU barunya itu. Dinamai Intel Arc Control, aplikasi ini mirip layaknya aplikasi kontrol grafis milik NVIDIA, yakni NVIDIA GeForce Experience.

Namun dalam video tersebut, sekilas, dalam jeda waktu yang sangat cepat, spesifikasi dari Intel Arc A-Series nampak terlihat.

Baca juga: Intel Umumkan Intel Arc A-Series, GPU Desktop Pesaing AMD dan Nvidia

Dalam bagian Live Performance pada Intel Arc Control di video tersebut tertulis ada sejumlah informasi umum seperti temperatur VRAM dan GPU, kecepatan kipas pendingin, dan arus voltase listrik.

Yang mencuri perhatian adalah yakni informasi seperti GPU Clock, VRAM Clock, dan GPU Power.

Terlihat dalam video tersebut, GPU yang diduga bagian dari Intel Arc A-Series tersebut memiliki daya sebesar 175W. Karena itu, bisa diperkirakan daya jartu grafis ini sekitar 200 Watt.

Baca juga: Harga GPU Asus Kini Lebih Murah

Terlihat juga GPU Clock yang tertulis sebesar 2200 Megahertz (MHz), dan VRAM Clock sebesar 1093 Megahertz (MHz).

Bocoran spek GPU Intel ArcIstimewa Bocoran spek GPU Intel Arc

Tidak disebutkan dalam video tersebut model mana dari Intel Arc A-Series yang digunakan. Belum diketahui, apakah Intel sengaja atau tidak mempertontonkan spesifikasi piranti keras atau hardware terbarunya dalam video demo tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, Intel belum merilis secara resmi spesifikasi dari Intel Arc A-Series. Sekedar informasi, Intel Arc A-Series nantinya akan datang di sejumlah segmen mulai dari desktop, komputer jinjing atau laptop, dan workstation.

Munculnya Intel Arc A-Series akan menandai babak pertama bagi Intel untuk bertempur di segmen GPU eksternal. Dua dekade sudah AMD dan NVIDIA mendominasi pangsa pasar GPU eksternal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.