Viral Bersihkan Speaker Smartphone Android Hanya Pakai Musik, Ini Penjelasan Pengamat

Kompas.com - 07/04/2022, 09:00 WIB
Ilustrasi speaker smartphone Android Kompas.com/Lely MaulidaIlustrasi speaker smartphone Android
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Baru-baru ini sebuah informasi tentang tips membersihkan speaker smartphone Android viral dan ramai dibicarakan di media sosial.

Melalui channel Arfa Fazri, seorang warganet membagikan konten yang diklaim merupakan "suara pembersih speaker" dari debu dan air untuk smartphone Android. Saat diputar, audio tersebut terdengar biasa saja tanpa sesuatu yang spesial.

Suaranya cukup melengking, mirip seperti suara sirine, namun, tanpa irama. Meski demikian audionya berulang dengan nada sama.

Menurut penjelasan pemilik video itu, proses pembersihan speaker smartphone membutuhkan waktu mulai dari 1-5 menit, menyesuaikan partikel yang menghambat.

Baca juga: Ini Alasan Smartphone Xiaomi Jadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Untuk membersihkan hambatan speaker yang tergolong sedikit, pengguna bisa memutar suara pembersih speaker selama 1-2 menit. Adapun untuk membersihkan hambatan yang cukup besar, Anda dapat memutar audio pembersih hingga 5 menit.

"Jalankan suara ini 1-2 menit, jika Anda menemukan suara getaran speaker sedikit terhambat karena ada air atau debu. Jika getaran lumayan terhambat, jalankan suara ini (selama) 3 menit sampai 5 menit sembari menggoyangkan perangkat dengan arah speaker menghadap ke bawah," demikian keterangan pada video itu.

Namun, benarkah hanya dengan menyetel suara tersebut maka speaker smartphone akan bersih dengan sendirinya?

Menurut pengamat gadget, Lucky Sebastian suara dalam video itu memang bisa digunakan untuk membersihkan speaker smartphone.

Dalam praktiknya, audio itu akan menggerakkan speaker untuk maju dan mundur guna menghasilkan udara yang akan memaksa air dan debu keluar dari spaker.

"Secara teknis dan logika, memang bisa suara ini membersihkan speaker. Prinsipnya, suara tersebut menggerakkan speaker maju mundur untuk menghasilkan udara yang memaksa air dan debu keluar," kata Lucky kepada KompasTekno, Rabu (6/4/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.