Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Bersihkan Speaker Smartphone Android Hanya Pakai Musik, Ini Penjelasan Pengamat

Kompas.com - 07/04/2022, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini sebuah informasi tentang tips membersihkan speaker smartphone Android viral dan ramai dibicarakan di media sosial.

Melalui channel Arfa Fazri, seorang warganet membagikan konten yang diklaim merupakan "suara pembersih speaker" dari debu dan air untuk smartphone Android. Saat diputar, audio tersebut terdengar biasa saja tanpa sesuatu yang spesial.

Suaranya cukup melengking, mirip seperti suara sirine, namun, tanpa irama. Meski demikian audionya berulang dengan nada sama.

Menurut penjelasan pemilik video itu, proses pembersihan speaker smartphone membutuhkan waktu mulai dari 1-5 menit, menyesuaikan partikel yang menghambat.

Baca juga: Ini Alasan Smartphone Xiaomi Jadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Untuk membersihkan hambatan speaker yang tergolong sedikit, pengguna bisa memutar suara pembersih speaker selama 1-2 menit. Adapun untuk membersihkan hambatan yang cukup besar, Anda dapat memutar audio pembersih hingga 5 menit.

"Jalankan suara ini 1-2 menit, jika Anda menemukan suara getaran speaker sedikit terhambat karena ada air atau debu. Jika getaran lumayan terhambat, jalankan suara ini (selama) 3 menit sampai 5 menit sembari menggoyangkan perangkat dengan arah speaker menghadap ke bawah," demikian keterangan pada video itu.

Namun, benarkah hanya dengan menyetel suara tersebut maka speaker smartphone akan bersih dengan sendirinya?

Menurut pengamat gadget, Lucky Sebastian suara dalam video itu memang bisa digunakan untuk membersihkan speaker smartphone.

Dalam praktiknya, audio itu akan menggerakkan speaker untuk maju dan mundur guna menghasilkan udara yang akan memaksa air dan debu keluar dari spaker.

"Secara teknis dan logika, memang bisa suara ini membersihkan speaker. Prinsipnya, suara tersebut menggerakkan speaker maju mundur untuk menghasilkan udara yang memaksa air dan debu keluar," kata Lucky kepada KompasTekno, Rabu (6/4/2022).

Akan tetapi, audio yang dapat digunakan untuk membersihkan speaker bukan sembarang audio. Menurut Lucky, ada kriteria khusus yang dapat digunakan, yaitu sesuai frekuensi gelombang suaranya seperti frekuensi 165 Hz.

Baca juga: Speaker Pintar Apple HomePod Mini Meluncur, Harga Rp 1,4 Juta

"Orang-orang memperkirakan (frekuensi) 165 Hz cukup bagus untuk menghasilkan gelombang suara yang bisa membantu membersihkan speaker dari air dan debu," ujarnya.

Digunakan Apple untuk Watch Series

Lucky juga menjelaskan bahwa tips membersihkan speaker smartphone Android yang dibagikan di Youtube itu mirip dengan fitur Water Lock pada Apple Watch Series.

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Kamis (7/4/2022), fitur Water Lock akan mengunci layar saat smartwatch digunakan untuk berenang. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk membersihkan air dari speaker Apple Watch Series 2, hingga Series 5.

Teknisnya serupa dengan cara membersihkan speaker smartphone Android, yaitu dengan memanfaatkan audio tertentu. Ketika pengguna mengaktifkan fitur Water Lock dan memutar tombol jam pintar itu, alunan nada akan diputar untuk mengeluarkan air

Dengan begitu, pengguna dapat mencegah masalah jangka panjang, utamanya karena kelembapan yang disebabkan oleh air yang terhambat dalam komponen speaker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com