Kompas.com - 07/04/2022, 12:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Epic Games resmi merilis software pembuat game terbarunya, Unreal Engine 5 (UE).

"Mesin" game tersebut dibekali dengan berbagai teknologi anyar untuk meningkatkan tampilan visual dan kualitas grafis tiga dimensi (3D) sebuah game, supaya terlihat lebih realistis.

Pada 2020 lalu Unreal Engine 5 juga sempat dipamerkan melalui sebuah game demo. Saat itu, Unreal Engine 5 mendapat sambutan positif.

Kini, ada sejumlah pengembang game yang mengumumkan bahwa mereka bakal meluncurkan game terbaru buatannya yang mendalkan Unreal Engine 5, salah satunya adalah studio game kenamaan CD Projekt Red (CDPR).

Baca juga: Tampilan Grafis Unreal Engine 5 Dipamerkan Pakai PlayStation 5

Dalam sebuah pengumuman, CDPR mengatakan pihaknya bakal beralih dari mesin game bikinannya sendiri, yaitu REDengine ke Unreal Engine 5 untuk pengembangan game terbaru dari seri game populer The Witcher.

Ilustrasi game Tomb Raider yang pakai Unreal Engine 5.CrystalDynamics Ilustrasi game Tomb Raider yang pakai Unreal Engine 5.
Selain itu, studio game asal Amerika Serikat (AS), Crystal Dynamics juga memastikan bahwa game terbarunya dari seri Tomb Raider bakal dibuat menggunakan teknologi visual di Unreal Engine 5.

Ada pula studio game yang bernaung di bawah Xbox Game Studios, yaitu The Coalition yang memberikan sedikit bocoran bahwa mereka bakal menggunakan Unreal Engine 5 untuk proyek mereka ke depannya, boleh jadi termasuk game terbaru dari seri Gears of War.

Epic Games, selaku pembuat Unreal Engine 5, juga mengatakan bahwa mereka menggunakan mesin game tersebut untuk beberapa game bikinannya, termasuk Fortnite dan game terbaru lainnya yaitu The Matrix Awakens.

Baca juga: Daftar Game Baru April 2022, Ada Chrono Cross Versi Remaster

Ilustrasi tampilan game The Matrix Awakens dengan Unreal Engine 5.Epic Games Ilustrasi tampilan game The Matrix Awakens dengan Unreal Engine 5.
Meski dikonfirmasi bakal mengandalkan UE5, belum bisa dipastikan kapan game-game tersebut meluncur ke publik, kecuali Fortnite yang memang sudah tersedia sejak 2017 lalu dan mulai menggunakan UE5 pada pertengahan 2021.

Lantas, apa saja daftar game yang bakal dibuat menggunakan Unreal Engine 5 sejauh ini? Simak daftar lengkapnya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gamespot, Kamis (7/4/2022).

1. ArchAge II (XL Games)
2. Ark II (Studio Wildcard)
3. Ashes of Creation (Intrepid Studios)
4. Black Myth: Wukong (Game Science)
5. Dragon Quest XII: The Flames of Fate (Squre Enix)
6. Dreamhouse: The Game (Desand Game Studios)
7. Echoes of The End (Myrkur Games)
8. Fortnite (Epic Games)
9. Game of Thrones (Netmarble)
10. ILL (Team Clout)
11. Into The Echo (Etlok Studios)
12. Redfall (Bethesda)
13. Senua's Saga: Hellblade II (Ninja Theory)
14. Stalker 2: Heart of Chernobyl (GSC Game World)
15. Quantum Error (TeamKill Media)
16. The Matrix Awakens (Epic Games)
17. Game terbaru dari seri Layers of Fear (Bloober Team)
18. Game terbaru dari seri The Witcher (CD Projekt Red)
19. Game terbaru bergenre real time strategy/RTS (Frost Giant)
20. Game terbaru dari seri Gears of War (The Coalition)
21. Game terbaru dari seri Tomb Raider (Crystal Dynamics)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gamespot
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.