Kompas.com - 07/04/2022, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Kemenpora, melalui Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) belum lama ini membatalkan keberangkatan empat cabang olahraga (cabor) e-sports untuk empat nomor pertandingan, di SEA Games 2021 Vietnam.

Keempat nomor cabor e-sports yang tidak diberangkatkan tersebut mencakup Arena of Valor (AoV), League of Legends (LoL) PC, League of Legends (LoL) Wild Rift Men, dan League of Legends (LoL) Wild Rift Women.

Menurut Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora Mochammad Asmawi, perampingan ini terpaksa dilakukan karena berbagai alasan, salah satunya adalah tidak adanya potensi dari keempat cabor e-sports tersebut.

Ketua Komunitas Gamer Indonesia, Javier Ferdano mengatakan bahwa perampingan yang dilakukan PBESI ini merupakan hal yang cukup wajar, mengingat di tiap Olimpiade pastinya ada cabor yang tidak diberangkatkan.

Baca juga: PBESI Batal Kirim Timnas E-sports AoV dan LoL ke SEA Games 2021 Vietnam

Meski demikian, Javier menyayangkan cabor e-sports AoV yang tidak jadi diberangkatkan. Padahal, salah satu tim AoV dari Indonesia sempat mengharumkan nama bangsa di gelaran pesta olahraga internasional beberapa tahun lalu.

"Atas dasar apa AoV tidak dapat diberangkatkan? Padahal faktanya, AoV memiliki peforma yang di atas target," kata Javier ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (6/4/2022).

"Pada SEA Games Filipina 2019 lalu, misalnya, tim AoV Indonesia menargetkan medali perunggu, namun ternyata mereka mampu membawa medali perak," imbuh Javier.

Ia juga mempertanyakan satu cabor e-sports yang terpilih untuk diberangkatkan, yaitu CrossFire.

Menurut dia, pemberangkatan kontingen CrossFire untuk Indonesia kurang pas dengan skema e-sports Tanah Air saat ini, mengingat server Indonesia untuk game tersebut sudah ditutup alias "mati" sejak 2020 lalu.

"Skema kompetitif e-sports CrossFire di Indonesia itu juga sudah tidak aktif sejak 2018 lalu, tepatnya ketika ada gelaran World Cyber Game (WCG)," jelas Javier.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.