Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frekuensi 3G Telkomsel Bakal Dipakai untuk 4G dan 5G

Kompas.com - 07/04/2022, 15:02 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel sudah memulai proses migrasi jaringan 3G ke 4G sejak Maret lalu. Dalam tahap awal ini, Telkomsel menargetkan migrasi jaringan 3G ke 4G di 90 titik kota/kabupaten hingga Mei mendatang.

Jaringan 3G Telkomsel sendiri ditopang oleh frekuensi 2,1 GHz dengan rentang 15 MHz. Sejak tahun lalu, Telkomsel membagi rentang frekuensi tersebut untuk 3G (5 MHz) dan 4G (GHz).

Setelah dibebaskan dari jaringan 3G sepenuhnya, frekuensi tersebut akan dimanfaatkan Telkomsel untuk memperluas jaringan 4G.

"Kita matikan dan langsung upgrade jadi 4G, (rentang) 15 MHz ke 4G," kata Akhmad, Vice President RAN Engineering and Project Telkomsel, dalam Telkomsel Update BTS 4G di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Telkomsel Optimasi Jaringan di 500 Titik Jelang Ramadhan 2022

Selain untuk 4G, menurut Akhmad frekuensi yang sebelumnya digunakan untuk menggelar 3G juga akan digunakan perusahaan untuk jaringan 5G.

"Ada juga di beberapa lokasi tertentu yang ada 4G-nya kita combine. Namanya Dynamic Spectrum Sharing. Jadi ada 4G 5G di lokasi tertentu," ujarnya.

Pakai Dynamic Spectrum Sharing

Dalam praktiknya, Telkomsel menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) untuk memanfaatkan frekuensi 2,1 GHz bagi jaringan 4G dan 5G. DSS sendiri adalah teknologi yang memungkinkan operator melakukan sharing frekuensi.

Dengan demikian, Telkomsel dapat menggunakan frekuensi 2,1 GHz baik untuk 4G maupun 5G.

Jaringan 5G Telkomsel sendiri sejauh ini menggunakan frekuensi tambahan dari pemerintah yaitu 2,3 GHz. Namun dengan digunakannya DSS pada frekuensi 2,1 GHz, jaringan 5G Telkomsel juga akan ditopang oleh frekuensi tersebut. Jadi 5G Telkomsel beroperasi pada frekuensi 2,3 GHz dan 2,1 GHz.

Baca juga: Telkomsel Orbit Sediakan Skema Pascabayar, Harga Mulai Rp 80.000

Meski mematikan jaringan 3G, Telkomsel masih mempertahankan jaringan 2G untuk menunjang layanan panggilan suara atau telepon. 2G Telkomsel sendiri beroperasi pada frekuensi 900 MHz dan 11,8 Ghz.

Telkomsel selanjutnya akan melanjutkan migrasi jaringan 3G ke 4G hingga akhir tahun ini. Upgrade jaringan 3G ke 4G LTE pada tahap kedua, dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni hingga Juli 2022 di 132 kota/kabupaten.

Telkomsel juga akan melakukan migrasi 3G ke 4G LTE di 178 kota/kabupaten pada Agustus - Oktober 2022, dan di 104 kota/kabupaten pada bulan November sampai Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com