Kompas.com - 07/04/2022, 20:18 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan ponsel flagship terbaru, Xiaomi 12 series yang terdiri atas Xiaomi 12 reguler dan Xiaomi 12 Pro, untuk pasar Indonesia. Smartphone ini sekaligus menjadi ponsel flagship pertama Xiaomi di Indonesia untuk tahun 2022.

"Hari ini di tahun 2022, di hari ultah Xiaomi yang ke 12 dan sebagai komitmen kami memberikan pengalaman lebih, kami dengan bangga mengumumkan Xiaomi 12. Xiaomi 12 resmi hadir di Indonesia," kata Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia dalam peluncuran Xiaomi 12 di Indonesia secara virtual, Kamis (7/4/2022).

Menurut Alvin, Xiaomi 12 merupakan smartphone dengan desain yang kompak dan nyaman dalam genggaman tangan. Meski demikian, spesifikasinya tetap dirancang agar mampu menunjang berbagai kebutuhan dan aktivitas pengguna. Untuk itu, Xiaomi menyebut Xiaomi 12 dengan tagline "Master Every Scene".

Sebagai smartphone flagship, Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro dibekali sejumlah spesifikasi tinggi, mulai dari chipsetnya untuk menunjang performa, hingga kamera yang mampu mengakomodasi objek saat minim cahaya.

Selain itu, Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro juga dibekali baterai dengan kapasitas besar.

Di Indonesia, Xiaomi 12 "reguler" dan Xiaomi 12 Pro ditenagai oleh chipset yang sama, yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Meski demikian, spesifikasi lainnya dibuat berbeda antara Xiaomi 12 dengan 12 Pro.

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse mengenalkan ponsel Xiaomi 12 (kiri) dan Xiaomi 12 Pro (kanan).Xiaomi Indonesia Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse mengenalkan ponsel Xiaomi 12 (kiri) dan Xiaomi 12 Pro (kanan).

Perbedaan utama kedua smartphone itu terletak pada aspek layar karena model Pro punya layar yang lebih luas. Selain itu, konfigurasi kamera Xiaomi 12 dan 12 Pro juga dibuat berbeda. Perbedaan lainnya terdapat pada aspek baterai hingga output pengisian ulang baterainya.

Baca juga: Ini Alasan Smartphone Xiaomi Jadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro diotaki oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1 buatan Qualcomm yang memiliki arsitektur 4 nm. Chip ini memiliki CPU octa-core yang menawarkan kecepatan hingga 3.0 GHz. Selain itu, chip tersebut juga dipasangkan dengan GPU Adreno 730 untuk mengolah grafis yang ditampilkan layar ponsel.

Pada Xiaomi 12, chip itu juga dikombinasikan dengan RAM 12 GB LPDDR5 dan penyimpanan 256 GB UFS 3.1. Namun pengguna tidak dapat memperluas penyimpanan karena smartphone ini tidak menyediakan slot microSD.

Beralih ke aspek kamera, Xiaomi 12 Pro diklaim ponsel pertama dengan sensor Sony IMX 707. Ada tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama wide 50 MP (f/1.9), ultra wide 50 MP (f/2.2) dengan bidang pandang hingga 115 derajat, dan telefoto 50 MP (f/1.9).

Tampilan belakang Xiaomi 12 Pro.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan belakang Xiaomi 12 Pro.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.