Kompas.com - 08/04/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Warga Ukraina kini bisa melacak keberadaan tentara Rusia dengan fitur Find My dari layanan Apple. Bagaimana bisa?

Tentara Rusia diketahui menjarah rumah-rumah warga Ukraina yang ditinggalkan, karena mengungsi akibat perang yang terjadi.

Dalam penjarahan tersebut, beragam gadget dan perangkat elektronik berbagai merek diambil tentara Ukraina, termasuk produk buatan Apple, seperti iPhone dan Airpods. Padahal, kedua gadget itu bisa dilacak dengan 

Dengan segera, masyarakat Ukraina pun memanfaatkan fitur Find My untuk melacak gadget sekaligus keberadaan tentara Rusia.

Baca juga: Samsung Hapus Huruf Z di Ponsel Lipat Pasar Eropa, gara-gara Perang Rusia-Ukraina?

"Masyarakat Ukraina menemukan perangkat mereka ada di wilayah Homiel, Belarus, tempat tentara Rusia mundur," ujar Franak Viacorka, penasihat senior Sviatlana Tsikhanouskaya, pemimpin partai oposisi demokratis di Belarus dalam unggahannya di Twitter, Selasa (5/4/2022).

Dengan melacak perangkat dan gadget mereka, warga Ukraina otomatis mengetahui juga lokasi di mana tentara Rusia berada.

Menurut laporan Cultofmac, kebanyakan barang jarahan yang diambil tentara Rusia adalah produk Apple. Hal itu yang diduga kuat mengapa warga Ukraina menggunakan fitur Find My.

Aksi warga Ukraina tersebut memicu rasa kagum dari berbagai pihak yang berkomentar di unggahan Franak Viacorka.

Baca juga: Berkat Find My iPhone, Ponsel yang Hilang Setahun Bisa Kembali

"Akan lebih baik jika ada fitur peledak jarak jauh pada Airpods" tulis seorang pengguna di kolom komentar.

Selain rasa kagum karena kemampuan warga Ukraina dalam memanfaatkan teknologi di tengah kondisi perang, ada juga yang mencolek vendor seperti Apple dan Samsung, untuk membuat perangkat curian yang dibawa tentara Rusia dikunci atau tidak bisa digunakan.

"Apple dan Samsung seharusnya membolehkan warga Ukraina mengunci perangkat mereka dari jarak jauh, sehingga tidak bisa dipakai," tulis akun @SlawekWojcik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CultofMac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.