Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai HP Tidak Mengisi saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Kompas.com - Diperbarui 28/01/2023, 16:43 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna handphone (HP) Android atau iPhone, mungkin pernah menjumpai persoalan daya pada baterai tidak terisi, kendati sedang dicas. Daya pada baterai tidak bertambah atau bahkan malah tetap berkurang.

Seharusnya, daya baterai akan bertambah saat HP terhubung dengan perangkat cas. Seiring lama waktu HP terhubung dengan perangkat cas, baterai bakal menerima dan menyimpan daya hingga penuh sesuai kapasitasnya.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Namun, terdapat kondisi tertentu daya baterai HP dicas tapi tidak mengisi. Saat pengisian daya berjalan, biasanya bakal muncul simbol tegangan listrik di bar baterai pada layar HP. Simbol tersebut jadi tanda bahwa baterai HP tengah diisi dayanya.

Pada kondisi daya baterai HP dicas tapi tidak mengisi atau malah berkurang, simbol tegangan listrik pada layar HP tersebut biasanya tetap muncul. Meski simbol itu muncul, tapi persentase daya dari baterai tak kunjung bertambah.

Lantas, kenapa baterai tidak mau mengisi daya meski HP sedang dalam posisi dicas? Penyebab dari persoalan ini bermacam-macam, bisa dari segi kabel cas, adaptor cas, stopkontak, dan sebagainya.

Anda juga tengah mengalami persoalan daya baterai HP dicas malah berkurang atau tidak terisi? Tenang, berikut KompasTekno rangkumkan penyebab baterai HP tidak terisi saat dicas serta cara mengatasinya.

Cara mengatasi baterai HP tidak bertambah saat dicas

1. Hentikan menjalankan aplikasi berat

Saat menjalankan aplikasi berat, seperti game online 3D, temperatur HP akan naik karena hardware telah bekerja dengan ekstra. Suhu HP akhirnya bisa menjadi lebih panas.

Apabila suhu HP dalam kondisi panas, biasanya fitur-fitur tertentu bakal dimatikan secara otomatis, termasuk pengisian daya. Jadi, ketika Anda menjalankan aplikasi berat dengan posisi HP sedang dicas, kemungkinan pengisian dayanya akan berjalan tidak optimal.

Daya pada baterai HP bisa tidak terisi atau malah berkurang, saking banyaknya konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi berat itu. Menjalankan aplikasi berat bersamaan dengan mengisi daya bisa menjadi salah satu penyebab baterai HP tidak terisi saat dicas.

Dengan demikian, cara mengatasi baterai HP tidak bertambah saat dicas dalam kasus ini bisa dengan menutup atau menghentikan menjalankan aplikasi berat sejenak, hingga temperatur HP kembali normal dan bisa dicas kembali.

2. Pastikan kabel cas dalam kondisi normal

Penyebab baterai HP tidak terisi saat dicas bisa ditimbulkan dari kabel cas yang sudah rusak. Penyebab ini mungkin yang kerap dijumpai oleh sebagian pengguna HP.

Kabel cas yang sering tergulung lambat laun bisa merusak komponen didalamnya. Ketika terdapat kerusakan komponen, kabel tidak bisa menghantarkan daya dengan normal. Alhasil, baterai HP bisa tidak terisi dayanya.

Untuk mengatasi persoalan ini, Anda bisa menggunakan kabel cas lain untuk mencoba bagaimana respon pengisian dayanya, sebagaimana dilansir Android Authority.

Baca juga: 3 Cara Menampilkan Persentase Baterai di Semua Model iPhone

3. Gunakan adaptor cas yang sesuai

Baterai HP tidak terisi dayanya dengan baik bisa ditimbulkan karena kesalahan dalam menggunakan adaptor cas. Tiap adaptor cas memiliki output arus listrik yang disesuaikan dengan kemampuan baterai.

Bila menggunakan adaptor cas dengan output arus listrik yang lebih rendah dibanding kemampuan baterai, biasanya daya baterai bakal lebih lama terisi. Atau saat HP sedang dipakai dan dicas, dayanya bisa berkurang akibat listrik yang masuk terlalu sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com