Kompas.com - 10/04/2022, 11:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Mengisi daya baterai atau cas ponsel yang lambat dan tidak kunjung penuh hingga 100 persen kerap kali menyebalkan bagi sebagian pengguna. Terlebih lagi jika Anda akan segera menggunakannya saat keadaan genting.

Pengisian daya ponsel yang lambat tentu akan menghambat aktifitas Anda. Jika hal ini terus saja terjadi bisa jadi dikarenakan oleh beberapa faktor seperti baterai ponsel yang rusak, port pengisian daya bermasalah, dan beberapa penyebab lainnya.

Selain beberapa penyebab di atas, terdapat penyebab lain yang membuat pengisian daya ponsel melambat. Berikut ini KompasTekno rangkum penyebab cas hp melambat dan cara mengatasinya.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Cas Baterai Ponsel?

Kondisi kabel cas rusak

Saat cas ponsel dirasa melambat dari biasanya, bisa jadi disebabkan karena kondisi kabel cas ponsel Anda rusak. Cek kondisi kabel cas ponsel Anda apakah terdapat robekan, goresan, atau tanda-tanda kerusakan lain yang signifikan.

Kabel cas yang rusak bisa terjadi kapan saja terlebih lagi jika ponsel dan kabel cas yang digunakan sudah cukup lama. Usia kabel cas yang cukup lama juga membuatnya lebih rentan rusak.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membeli kabel cas ponsel baru agar pengisian daya ponsel kembali normal.

Port pengisian daya ponsel kotor

Penyebab lain cas hp lebih lambat bisa jadi karena port pengisian daya ponsel Anda mengalami kerusakan atau terhalang kotoran yang memperlambat proses pengisian.

Cek menggunakan senter apakah terdapat partikel debu, serpihan kertas kecil, atau berbagai kotoran lainnya yang tidak sengaja masuk pada port ponsel Anda.

Jika Anda menemukan beberapa kotoran atau serpihan dalam port cobalah untuk membersihkannya menggunakan tusuk gigi atau benda lain yang lebih lembut yang dapat menjangkau kotoran dalam port ponsel. Hindari menggunakan benda logam seperti jarum, peniti, atau klip kertas.

Perlu diperhatikan bahwa Anda harus tetap hati-hati dalam membersihkan port agar tidak mendorong partikel kotoran lebih jauh masuk ke dalam. Selain itu hindari meniup udara ke port saat membersihkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.