Kompas.com - 11/04/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar smartphone Samsung selama ini diperkuat oleh chipset Snapdragon besutan Qualcomm atau Exynos bikinan Samsung sendiri.

Kedua chipset tersebut mendominasi produk Samsung baik untuk kelas entry maupun flagship, seperti Galaxy S, Note (sebelum pensiun), hingga ponsel lipat Galaxy Z series.

Agaknya tradisi ini akan berubah. Kabar terbaru menyebut Samsung kemungkinan akan menggunakan chipset bikinan MediaTek untuk memperkuat Galaxy S22 Fan Edition (FE).

Menurut Business Korea, Samsung bakal pakai chipset MediaTek untuk separuh produksi Galaxy S22 FE. Smartphone dengan chip tersebut kabarnya akan dijual di pasar Asia.

Adapun separuh produksi lainnya akan menggunakan chipset Snapdragon. Namun belum diketahui di pasar mana Galaxy S22 FE versi Snapdragon akan dijual.

Baca juga: Ini Solusi Samsung Atasi GOS yang Batasi Performa Smartphone Galaxy

Tak hanya Galaxy S22 FE, Samsung juga kabarnya akan memakai chipset buatan MediaTek untuk Galaxy S23. Sama dengan Galaxy S22 FE, chip MediaTek akan terpasang pada Galaxy S23 yang ditujukan untuk pasar Asia.

Jika kabar ini benar, maka keputusan ini menandai debut chipset MediaTek pada smartphone flagship Samsung. Dengan demikian, Galaxy S23 nantinya kemungkinan akan hadir dalam versi Snapdragon dan MediaTek apabila rumor tersebut terbukti nantinya.

Tidak disebutkan apa alasan Samsung mempertimbangkan penggunaan chipset MediaTek untuk smartphone flagship-nya.

Namun menurut Sam Mobile, Samsung kesulitan mempromosikan chip Exynos miliknya. Dugaan ini mulai terendus ketika Samsung meluncurkan Galaxy S22 dengan chipset Snapdragon ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Samsung Galaxy S22 Versi Indonesia Pakai Snapdragon 8 Gen 1, Setelah 8 Tahun Dinanti

Selama ini, Samsung selalu merilis Galaxy S dan Galaxy Note series dalam dua versi chipset. Pertama adalah Snapdragon yang biasanya ditargetkan untuk wilayah Amerika Serikat dan Koera Selatan, lalu varian chip Exynos untuk sebagian besar negara, seperti Asia dan Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.