Kompas.com - 11/04/2022, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Koneksi internet pada jaringan WiFi tak selalu stabil. Adakalanya koneksi tersebut tiba-tiba melambat atau bahkan tidak bisa dipakai untuk mengakses internet sama sekali, padahal statusnya sudah terhubung di gadget.

Cukup menyebalkan apabila gadget yang tampaknya bisa terhubung ke WiFi, tapi ternyata justru tidak bisa digunakan untuk browsing akibat koneksi internetnya tidak ada. Penyebab permasalahan WiFi tidak ada internet ini bermacam-macam.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Misalnya, gangguan jaringan internet bisa terjadi akibat cuaca yang buruk, seperti hujan badai. Kemudian, permasalahan WiFi tidak ada internet juga bisa ditimbulkan karena perangkat router mengalami gangguan.

Router sendiri merupakan alat untuk menyalurkan koneksi internet ke beberapa perangkat lewat jaringan WiFi. Router kadangkala juga bisa mengalami gangguan, sehingga koneksi internet tak bisa tersalurkan dengan baik.

Salah satu cara umum yang biasa digunakan untuk mengatasi persoalan gangguan pada WiFi adalah dengan melakukan restart atau memuat ulang perangkat routernya. Lantas, mengapa WiFi harus di restart?

Dikutip dari Lifewire, memuat ulang bisa memberi waktu istirahat sejenak perangkat router yang telah bekerja terus menerus dan menghapus data yang telah menumpuk di dalamnya, Dengan begitu, router bisa bekerja dengan lancar lagi.

Lalu, bagaimana cara restart WiFi? Tiap perangkat router biasanya memiliki cara memuat ulang yang berbeda-beda. Namun, umumnya terdapat tiga cara yang bisa dipakai untuk restart router WiFi, berikut penjelasannya.

Cara restart WiFi

1. Menekan tombol power

Anda bisa mencoba untuk restart router WiFi dengan menekan tombol power yang biasanya berbentuk bulat, berwarna hitam, dan berada di bagian punggung perangkat.

Setelah tombol ditekan dan router dalam kondisi mati, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu tekan kembali tombol tersebut untuk menyalakan router.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.