Kompas.com - 11/04/2022, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Mulai tahun ini, Google akan menyembunyikan aplikasi-aplikasi lawas dari toko aplikasi miliknya yakni Play Store. Keputusan ini diumumkan oleh Google melalui postingan blog perusahaan.

Google beralasan, langkah untuk membatasi aplikasi-aplikasi lawas di Play Store, tak lain adalah untuk melindungi pengguna.

"Sebagai bagian dari pembaruan kebijakan terbaru Google Play, kami mengambil langkah untuk melindungi pengguna dari instalasi aplikasi yang mungkin tidak memiliki fitur privasi dan keamanan terbaru dengan memperluas persyaratan API level target kami," kata Google dalam postingan di blog.

Baca juga: Hati-hati, Aplikasi Arah Kiblat Mengandung Malware Pencuri Nomor HP Beredar di Play Store

Aplikasi lawas yang dimaksud Google yaitu aplikasi yang tidak menggunakan API level target selama 2 tahun, sejak sistem operasi Android terbaru digulirkan.

API level sendiri adalah target atau angka yang ditetapkan Google pada pengembang sebagai syarat agar sebuah aplikasi dapat berjalan pada versi Android tertentu, utamanya Android terbaru.

Misalnya untuk Android 11, API level yang harus dicapai pengembang aplikasi yaitu 30. Sementara API level untuk Android 11 mencapai level 31-32.

Baca juga: Google Hangouts Resmi Pensiun, Aplikasi Mulai Dihapus dari AppStore dan Play Store

Versi Android terbaru saat ini yaitu Android 12. Artinya, keputusan Google kali ini berlaku untuk aplikasi yang menargetkan Android 10 atau lebih lawas.

Jadi, untuk aplikasi yang tidak memenuhi target tersebut selama 2 tahun dari versi Android terbaru, akan dihapus dari Play Store mulai 1 November 2022. Sebab, aplikasi tersebut artinya tidak mendukung sistem operasi Android terbaru.

Saat disembunyikan, aplikasi itu tidak akan muncul dalam hasil pencarian atau daftar unduhan aplikasi di Play Store, khususnya untuk pengguna baru atau yang belum pernah mengunduh aplikasi terkait.

Bila pengguna pernah mengunduhnya atau masih menjalankannya, aplikasi tersebut masih dapat ditemukan di Play Store.

Baca juga: Harga Aplikasi, Game, dan Film di Google Play Store Indonesia Naik

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.