Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Epic Games Dapat Kucuran Dana Rp 28.716 Triliun dari Sony dan Lego

Kompas.com - 12/04/2022, 09:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony menambah dana investasi ke Epic Games hingga miliaran dollar. Jumlahnya bahkan lebih besar dibanding dana investasi yang sudah digelontorkan Sony sebelumnya.

Epic Games sendiri merupakan pengembang sekaligus penerbit game video kenamaan dengan sejumlah game populer seperti Fortnite.

Secara total, Epic Games mendapat suntikkan dana senilai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 28.716 triliun (kurs rupiah Rp 14.300) dalam putaran pendanaan terbaru. Dana ini kabarnya akan digunakan untuk mengembangkankan metaverse.

Baca juga: Epic Games Dapat Pendanaan Rp 2,9 Triliun dari Sony

Baik Sony maupun perusahaan investasi sekaligus induk perusahaan Lego Group, Kirkbi, sama-sama menyuntikkan dana sebesar 1 miliar dollar AS (Rp 14.372 triliun) untuk Epic Games.

"Kami yakin kemampuan Epic, termasuk permainan mereka yang kuat, dikombinasikan dengan teknologi Sony, akan mempercepat berbagai upaya kami dalam mengembangkan pengalaman digital baru bagi penggemar," kata CEO Sony Group Kenichiro Yoshida dikutip KompasTekno dari IGN, Selasa (12/4/2022).

Berkat investasi tersebut, valuasi Epic Games kini ditaksir mencapai 31,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 452.731 triliun.

Baca juga: Epic Games Kumpulkan Donasi Rp 714 Miliar untuk Ukraina dari Penjualan Fortnite

Bakal bangun metaverse

Epic Games sudah mengumumkan rencana untuk membangun metaverse sejak awal April ini. Rencana itu disampaikan bersamaan dengan pengumuman investasi awal Sony ke Epic Games senilai 200 juta dollar AS.

Jadi, kucuran dana senilai 1 miliar dollar dari Sony merupakan dana investasi tambahan.

Melansir IGN, metaverse yang akan diciptakan Epic Games berkisar pada interkonektivitas. Ini sesuai dengan cita-cita CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney.

Sweeney pernah mengatakan bahwa ia berharap memiliki teknologi besar yang memungkinkan berbagi ruang digital lebih banyak ke pengguna, serta menciptakan pengalaman digital yang mulus.

Belum lama ini Lego juga menjalin kerja sama jangka panjang dengan Epic Games untuk membuat metaverse yang ramah anak dan keluarga. Namun kerja sama kedua perusahaan tidak begitu diungkap secara rinci.

Saat itu Lego hanya menekankan bahwa pengalaman digital yang ditawarkan nantinya akan mengutamakan keselamatan anak secara online.

Adapun kucuran dana terbaru dari Sony dan Kirkbi dinilai Sweeney akan mempercepat pengembangan metaverse seperti sudah direncanakan perusahaan.

Baca juga: Epic Games Store Diskon hingga 80 Persen, Ini Daftar Game Rekomendasi

"Investasi ini akan mempercepat pekerjaan kami untuk membangun metaverse dan menciptakan ruang yang memungkinkan pemain bersenang-senang dengan teman, (memungkinkan) brand membangun penglaman kreatif hingga kreator konten dalam membangun komunitas," kata Sweeney.

Investasi ketiga Sony ke Epic Games

Sony tercatat sudah tiga kali menyuntikkan dana investasi ke Epic Games. Kali pertama, Sony menginvestasikan dana sebesar 250 juta dollar AS (Rp 3,5 triliun) pada tahun 2020.

Selanjutnya, Sony kembali suntik dana ke Epic Games sebesar 200 juta dollar AS (Rp 2,87 triliun) pada April 2021 lalu.

Oleh karena itu, investasi Sony ke Epic Games kali ini merupakan yang ketiga kalinya, dengan jumlah yang lebih besar lagi dibanding dua investasi sebelumnya.

Sayangnya tidak dijelaskan apakah dana investasi ini juga akan membuat Epic Games membuat proyek khusus yang eksklusif untuk konsol PlayStation di masa depan.

Baca juga: Sony Rilis Layanan Berlangganan PS Plus Baru, Mirip Xbox Game Pass

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com