Kompas.com - 12/04/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Sony menambah dana investasi ke Epic Games hingga miliaran dollar. Jumlahnya bahkan lebih besar dibanding dana investasi yang sudah digelontorkan Sony sebelumnya.

Epic Games sendiri merupakan pengembang sekaligus penerbit game video kenamaan dengan sejumlah game populer seperti Fortnite.

Secara total, Epic Games mendapat suntikkan dana senilai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 28.716 triliun (kurs rupiah Rp 14.300) dalam putaran pendanaan terbaru. Dana ini kabarnya akan digunakan untuk mengembangkankan metaverse.

Baca juga: Epic Games Dapat Pendanaan Rp 2,9 Triliun dari Sony

Baik Sony maupun perusahaan investasi sekaligus induk perusahaan Lego Group, Kirkbi, sama-sama menyuntikkan dana sebesar 1 miliar dollar AS (Rp 14.372 triliun) untuk Epic Games.

"Kami yakin kemampuan Epic, termasuk permainan mereka yang kuat, dikombinasikan dengan teknologi Sony, akan mempercepat berbagai upaya kami dalam mengembangkan pengalaman digital baru bagi penggemar," kata CEO Sony Group Kenichiro Yoshida dikutip KompasTekno dari IGN, Selasa (12/4/2022).

Berkat investasi tersebut, valuasi Epic Games kini ditaksir mencapai 31,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 452.731 triliun.

Baca juga: Epic Games Kumpulkan Donasi Rp 714 Miliar untuk Ukraina dari Penjualan Fortnite

Bakal bangun metaverse

Epic Games sudah mengumumkan rencana untuk membangun metaverse sejak awal April ini. Rencana itu disampaikan bersamaan dengan pengumuman investasi awal Sony ke Epic Games senilai 200 juta dollar AS.

Jadi, kucuran dana senilai 1 miliar dollar dari Sony merupakan dana investasi tambahan.

Melansir IGN, metaverse yang akan diciptakan Epic Games berkisar pada interkonektivitas. Ini sesuai dengan cita-cita CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney.

Sweeney pernah mengatakan bahwa ia berharap memiliki teknologi besar yang memungkinkan berbagi ruang digital lebih banyak ke pengguna, serta menciptakan pengalaman digital yang mulus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.