Rekomendasi Kanal YouTube yang Putar Musik untuk Bantu Konsentrasi Saat Kerja dan Belajar

Kompas.com - 12/04/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mendengarkan musik merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas bekerja atau belajar. Beberapa penelitian menyebut musik bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

Menurut penelitian Stanford University School of Medicine, para peneliti menemukan bukti bahwa musik bisa mendorong otak sedemikian rupa untuk melatihnya agar mampu fokus memperhatikan peristiwa dan membuat prediksi tentang apa yang mungkin terjadi.

Di antara beragam genre musik yang ada, lagu dan soundtrack yang memiliki irama santai cukup populer didengarkan.

Baca juga: Mengenal Ismail Marzuki, Maestro Musik Indonesia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Beberapa pilihan jenis musik seperti musik klasik, suara alam, hingga lagu dengan aliran low fidelity (Lo-fi) banyak digemari. Jenis-jenis musik tersebut konon mampu meningkatkan relaksasi dan fokus.

Musik tersebut juga kini mudah dicari dan diputar lewat berbagai platform streaming, salah satunya YouTube. Bahkan, ada beberapa kanal dedicated (khusus) yang memang menyuguhkan musik-musik untuk membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja atau belajar.

Kanal tersebut biasanya memiliki durasi musik yang cukup panjang, belasan menit hingga berjam-jam. Sehingga, pendengar tidak perlu repot mengotak-atik playlist lagi.

Berikut merupakan daftar rekomendasi kanal YouTube berisi koleksi musik yang bisa diputar saat kerja dan belajar untuk meningkatkan konsentrasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: 3 Cara Baru Bagikan Musik dan Podcast Spotify

Musik klasik

Musik klasik dan instrumental diyakini dapat membuat pendengarnya merasa rileks atau bersemangat. Mendengarkan musik klasik mampu melepaskan dopamin yang dapat mencegah pelepasan hormon stres kortisol.

Ini mampu membantu membuat suasana hati menjadi membaik, membantu berpikir jernih, serta menciptakan kondisi belajar dan bekerja jauh menjadi lebih menyenangkan.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas California pada tahun 1993 menunjukkan adanya peningkatan IQ pada siswa yang mendengarkan karya musik klasik Mozart. Berikut rekomendasi kanal YouTube yang berisi koleksi musik klasik:

  • Classical Tunes

Ilustrasi channel YouTube Classical Tunes.YouTube/Classical Tunes Ilustrasi channel YouTube Classical Tunes.

Kanal YouTube satu ini menyajikan beragam jenis musik instrumental. Pengguna dapat memilih playlist lagu yang terdiri dari karya Bach, Leonardo Locatelli, serta musisi klasik lainnya.

Untuk dapat menikmati deretan musik klasik tersebut, silakan mengunjungi channel YouTube Classical Tunes melalui tautan berikut ini. 

  • HalidonMusic

Ilustrasi channel YouTube HalidonMusic.YouTube/HalidonMusic Ilustrasi channel YouTube HalidonMusic.

Kanal YouTube HalidonMusic menyediakan katalog musik hasil karya komposer terkenal seperti Mozart, Beethoven, Tchaikovsky, hingga Chopin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.