Kompas.com - 13/04/2022, 07:01 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, lini iPhone 13 series yang dirilis tahun lalu, diproduksi oleh pabrik rekanan Apple, yakni Foxconn di China. Namun, kini lini iPhone 13 mulai diproduksi di India.

iPhone 13 muali diproduksi di fasilitas Foxconn bernama Wistron, yang berlokasi di wilayah dekat Kota Chennai, tepatnya di wilayah Sriperumbudur, kota di negara bagian Tamil Nadu, India.

Sebelumnya, Apple telah melakukan uji coba produksi iPhone 13 di India pada bulan Desember lalu. Apple sendiri telah mengonfirmasi kabar ini dan mengatakan pihaknya sudah memulai produksi iPhone 13 di India.

"Kami sangat bersemangat untuk mulai membuat iPhone 13 dengan desainnya yang indah, sistem kamera yang canggih untuk foto dan video dan kinerja yang luar biasa dari chip A15 Bionic, di India untuk pelanggan lokal kami," kata Apple dalam sebuah pernyataan yang dikutip KompasTekno dari Mint, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Foxconn Resmi Bangun Pabrik di Amerika Serikat

Apple juga mengatakan bahwa produk yang dirakit di India akan dijual untuk pasar domestik, bukan untuk diekspor ke negara lain.

Sayangnya, memproduksi iPhone secara lokal tidak serta merta membuat harga iPhone lebih murah di India. Strategi ini hanya akan meningkatkan ketersediaan perangkat di pasaran, lantaran India sendiri adalah pasar smartphone terbesar di dunia, meskipun Apple bukan salah satu lima besar merek smartphone di sana.

Mengurangi ketergantungan China

Salah satu alasan memproduksi iPhone secara lokal adalah untuk meningkatkan volume produksi. Selain itu, strategi ini juga menekan ketergantungan Apple pada unit impor, yang dikenai pajak oleh pemerintah India.

Adapun pajak impor yang dibebankan oleh pemerintah adalah sebesar 20 persen, sebagaimana dihimpun dari GSM Arena.

Pengalihan manufaktur dari China ke India juga bertujuan agar perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, itu perlahan-lahan bisa lepas dari ketergantungan rantai pasokan China, mengingat hubungan politik AS-China rentan bergejolak.

Rencananya, Apple akan memindahkan 20 persen produksinya dari China ke India dalam beberapa waktu mendatang. Dihimpun dari Reuters, Apple juga berencan merakit iPad di Negeri Anak Benua.

Baca juga: Apple Mulai Bikin iPhone 12 di India

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.