Kompas.com - 13/04/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan implementasi siaran televisi digital dan penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) paling lambat berlangsung pada 2 November 2022.

Dengan demikian, ASO dipastikan berjalan sesuai dengan jadwal terakhir, setelah mengalami perubahan dari jadwal semula Agustus 2022. 

Mengacu jadwal terakhir, migrasi TV digital akan berlangsung dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada 30 April, tahap kedua pada 25 Agustus dan tahap ketiga pada 2 November.

"Komitmen kita yaitu berpegang teguh karena ini merupakan amanat undang-undang dan akan kita laksanakan dengan baik,” kata Plt. Dirjen PPI Kominfo, Ismail dalam keterangan yang dikutip KompasTekno, Rabu (13/4/2022).

Menurut Ismail, semua pihak yang terlibat dalam ASO akan menjalankan prosesnya secara hati-hati. Dengan begitu, masyarakat tetap dapat menikmati siaran TV baik analog maupun digital, hingga nantinya dimigrasi menjadi siaran TV digital sepenuhnya.

“Jadi, saat ini masih berjalan secara simulcast penyiaran antara analog dan digital,” ujar Ismail.

Baca juga: Catat, Jadwal Migrasi TV Analog ke Digital Mulai April hingga November 2022

Dalam praktiknya, migrasi siaran TV analog ke digital melibatkan bermacam hal teknis, termasuk transmitter atau pemancar dan sebagainya yang sudah disiapkan oleh operator.

Selain itu, masyarakat juga perlu menyiapkan Set Top Box (STB), yaitu alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada TV analog.

Soal STB, Kominfo akan membagikan STB gratis kepada masyarakat miskin. Adapun bagi masyarakat yang dikategorikan non-miskin, dapat melakukan pembelian STB secara mandiri.

Menurut Ismail, siaran TV digital menawarkan teknologi cangih seperti gambar dan suara yang lebih berkualitas. Untuk itu, ia menganjurkan masyarakat untuk segera menyiapkan STB agar perangkat TV masyarakat dapt menerima siaran digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.