Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Angkat Kaki dari Rusia

Kompas.com - 13/04/2022, 12:01 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters,Nokia

KOMPAS.com - Produsen alat telekomunikasi, Nokia, memastikan bahwa perusahaan akan angkat kaki dari Rusia. Perusahaan menyebut keputusan tersebut merupakan imbas dari perang Rusia-Ukraina.

Melalui halaman resmi perusahaan, Nokia mengaku sudah mengambil sejumlah langkah untuk keluar dari pasar Rusia.

Selama beberapa minggu terakhir, Nokia sudah menyetop operasional bisnis, menangguhkan pengiriman, dan mulai memindahkan unit riset dan pengembangan (RnD) perusahaan.

"Sekarang kami sudah bisa mengumumkan bahwa perusahaan akan keluar dari Rusia. Selama proses ini, prioritas kami adalah keselamatan dan kesejahteraan karyawan kami," tulis Nokia di halaman resminya.

Dalam sebuah wawancara, CEO Nokia, Pekka Lundmark, mengatakan bahwa sulit untuk melanjutkan bisnis di Rusia di tengah kondisi seperti ini.

Baca juga: Hati-hati, Malware Rusia Ini Bisa Rekam Percakapan Pengguna Android

"Kami hanya tidak bisa melihat peluang untuk kami tetap berbisnis di Rusia," katanya yang juga diungkapkan di akun Twitter miliknya

Perusahaan berjanji, selama proses penghentian operasional berlangsung, Nokia akan tetap memberikan bantuan untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi pelanggannya.

Nokia mengatakan tengah mengajukan lisensi yang diperlukan untuk tetap bisa melayani pelanggan, meski sanksi tengah diberlakukan terhadap Rusia.

"Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban perusahaan sembari perusahaan meninggalkan Rusia," lanjut pihak Nokia.

Dikutip KompasTekno dari halaman resmi Nokia, Rabu (13/4/2022), perusahaan mengatakan bahwa pangsa pasar Nokia di Rusia tidaklah besar. Angkanya tidak lebih dari 2 persen.

Dengan demikian, Nokia mengatakan bahwa keputusan ini tidak akan berdampak besar bagi perusahaan.

Baca juga: Produsen Chip Intel Putuskan Setop Beroperasi di Rusia

Menurut Lundmark, ada 2.000 pegawai Nokia yang terdampak karena situasi ini. Beberapa dari mereka akan ditawari untuk bekerja di cabang lain. Nokia sendiri memiliki total jumlah pegawai 90.000.

Lundmark juga mengatakan bahwa Nokia tidak akan melanjutkan rencana patungan dengan perusahaan Rusia, YADRO, untuk membangun infrastruktur 4G dan 5G.

Rusia sendiri mendorong perusahaan jaringan seperti Nokia, untuk mulai membangun jaringan hanya dengan menggunakan peralatan Rusia.

"Banyak hal yang perlu diubah agar kami bisa berbisnis di Rusia lagi," ungkap Lundmark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,Nokia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com