Kompas.com - 13/04/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Set Top Box atau kerap disebut dengan STB adalah perangkat yang memiliki fungsi utama untuk mengonversi siaran dari sinyal digital yang berisi gambar dan audio, sehingga bisa ditampilkan pada TV analog.

Dengan STB, TV analog tetap bisa dipakai untuk menonton siaran digital. Jadi, masyarakat Indonesia tak perlu harus membeli TV baru yang mendukung layanan siaran digital atau disebut dengan TV digital.

Baca juga: Daftar 116 Kabupaten/Kota yang Kebagian STB TV Digital Gratis pada Tahap I

Kemudian, untuk menikmati siaran digital, masyarakat juga tidak butuh memiliki koneksi internet karena layanan tersebut merupakan free to air (FTA) atau siaran yang bebas diakses tanpa pungutan biaya.

Siaran digital bukanlah layanan streaming yang butuh koneksi internet dan biaya langganan. Masyarakat hanya cukup memiliki STB dan TV analog supaya bisa menonton siaran digital.

Adapun sebelum dapat menayangkan siaran dari sinyal digital, masyarakat perlu mengatur atau setup STB ke TV analog. Bila ingin menonton siaran digital, berikut langkah-langkah untuk setup STB ke TV analog, sebagaimana dilansir laman Indonesia.go.id.

Cara pasang STB ke TV analog

  • Siapkan STB dan TV analog
  • Pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog
  • Pastikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati
  • Cabut kabel antena yang telah terpasang di TV analog
  • Sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama “ANT IN” dan tersedia di bagian punggung STB
  • Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog
  • Bila TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.
  • Pastikan STB telah terhubung dengan daya
  • Nyalakan STB dan TV analog
  • Masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV
  • Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran
  • Bila daftar saluran siaran digital telah muncul, pilih opsi simpan dan segera bisa menikmati siaran digital di TV analog.

Cara pasang STB ke TV analog di atas sangat mungkin berbeda, tergantung dari jenis TV analog dan STB yang dipakai. Untuk setup STB ke TV analog yang lebih jelas, biasanya dapat dilihat di buku panduan perangkat.

STB sendiri tampaknya menjadi salah satu perangkat yang cukup penting, mengingat siaran analog bakal dihentikan oleh pemerintah melalui kebijakan Analog Switch Off (ASO).

Melalui kebijakan ASO, siaran analog ditargetkan bakal dihentikan secara total di seluruh wilayah Indonesia pada akhir tahun 2022, yang dibagi dalam tiga tahap.

ASO Tahap 1 (pertama) sendiri akan digelar paling lambat mulai akhir bulan nanti, tepatnya pada tanggal 30 April 2022. Dalam ASO Tahap 1, siaran analog dimatikan untuk 56 wilayah di 166 kabupaten/kota.

Kemudian, ASO Tahap 2 (kedua) bakal digelar paling lambat pada 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran analog di 110 kabupaten/kota. Sedangkan ASO Tahap 3 (ketiga) digelar paling lambat pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran analog di 65 kabupaten/kota.

Baca juga: Daftar 23 STB untuk Siaran TV Digital yang Mendapat Sertifikasi Kominfo

Sementara itu, untuk mendukung kebijakan ini, pemerintah juga telah menyiapkan sebanyak 3.203.854 unit perangkat STB gratis, yang siap dibagikan ke masyarakat dengan kemampuan ekonomi rendah.

Jadwal pembagian STB gratis sendiri mengikuti tahap ASO. Pada pembagian STB gratis gelombang pertama saat ini telah dimulai sejak tanggal 15 Maret 2022 dan ditargetkan bakal rampung pada tanggal 30 April mendatang, berbarengan dengan ASO Tahap 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.