Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Versi Android Paling Banyak Digunakan, Versi Lama Mendominasi

Kompas.com - 14/04/2022, 08:00 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Sebagian besar smartphone Android saat ini masih menjalankan sistem operasi (operating system/OS) Android versi lama. Hal itu diungkap oleh survei yang dilakukan oleh Uptodown. 

Uptodown sendiri adalah tempat alternatif bagi pengguna Android dan iOS apabila ada aplikasi yang tidak tersedia di masing-masing toko aplikasi kedua platform tersebut.

Survei sendiri dilakukan kepada pengguna Uptodown dengan total responden 130 juta pengguna. Berdasarkan riset tersebut, Android 11 menjadi OS Android yang paling mendominasi saat ini.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Android 11 yang dirilis tahun 2020 lalu, masih digunakan sebanyak 29,5 persen responden. Kemudian, Android 10 yang dirilis setahun sebelumnya, digunakan 25,2 persen pengguna.

Hal ini juga terlihat pada penggunaan Android dengan versi yang lebih lama lagi, seperti  Android Pie (9.1) yang rilis empat tahun lalu dan Oreo (8.1) yang rilis di tahun 2017.

Menurut survei Uptodown, Android Pie sendiri digunakan sebanyak 11,5 persen dari pengguna, kemudian disusul Android Oreo yang digunakan sebanyak 11 persen.

Sementara itu, Android 12, yang menjadi versi terbaru hanya diadopsi sebesar 2,6 persen saja. Hal itu termasuk wajar. Sebab, Android 12 masih berusia enam bulan, sejak dirilis secara publik Oktober 2021 lalu.

Terlebih, Android 12 saat ini masih diadopsi oleh perangkat-perangkat yang baru dirilis kurang dari setahun. Sedangkan smartphone yang diluncurkan setahun hingga beberapa tahun ke belakang, belum semua mendapat pembaruan software ini.

Baca juga: Fitur-fitur Android 12 Go Editon, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

Hal yang sama juga terjadi di Android 11 ketika awal dirilis. Laporan Gizchina menyebut Android 11 membutuhkan waktu beberapa bulan lebih untuk bisa mengalahkan popularitas Android 10.

"Sekarang sudah menjadi hal yang biasa untuk sistem operasi Android baru berada di bawah popularitas sistem operasi Android satu tingkat sebelumnya. Ini juga terjadi pada Android 11 yang dalam waktu lama masih berada di bawah popularitas Android 10," seperti dikutip KompasTekno dari laporan Gizchina, Kamis (14/4/2022).

Dengan kata lain, ini hanyalah perkara waktu. Semakin banyak vendor ponsel yang mulai mendesain sistem operasi mereka dengan basis Android 12, maka jumlah pengguna Android 12 akan bertambah.

Survei pengguna androidUptodown Survei pengguna android

Berikut lima besar OS Android yang paling banyak digunakan saat ini, menurut Uptodown:

  1. Android 11: presentase 29,65 persen
  2. Android 10: presentase 25,2 persen
  3. Android 9: presentase 11,5 persen
  4. Android 8: presentase 11 persen
  5. Android 12: presentase 2,6 perse

Survei yang dilakukan oleh Uptodown tidak menyebut periode waktu dilakukannya survei tersebut.

Sementara itu, Google, selaku pengembang Android, saat ini tengah menyiapkan Android 13 sebagai penerus Android 12. Kemungkinan, Android 13 akan diperkenalkan di ajang kumpul developer yakni Google I/O, yang akan dihelat 11-12 Mei 2022.

Baca juga: Penampakan Awal Android 13 Beserta Fitur Barunya

Meski begitu, versi akhir dari Android 13 tidak akan secara langsung disebar ke publik pada acara tahunan Google tersebut. Butuh waktu setidaknya berbulan-bulan untuk pengembangan Android 13 hingga bisa digulirkan ke publik.

Temuan lain

Survei Uptodown juga memaparkan temuan lain di surveinya, seperti merek smartphone yang paling banyak digunakan, dan peramban atau browser yang paling banyak digunakan.

Menurut survei yang dilakukan ke respondennya, Samsung menjadi merek smartphone yang paling banyak digunakan dengan nilai 31,62 persen, disusul oleh Xiaomi dengan 16,31 persen, Huawei dengan 11,07 persen, Oppo dengan 5,17 persen, dan Vivo dengan 4,35 persen.

Sementara dalam kategori peramban atau browser, Google Chrome masih mendominasi survei dengan nilai 83,6 persen, disusul Samsung Internet dengan 5,15 persen, Opera dengan 1,45 persen, Firefox dengan 1,28 persen, dan UC Browser dengan 0,81 persen.

Baca juga: Android 13 Resmi Pakai Nama Tiramisu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com