Kompas.com - 14/04/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar smartphone Android saat ini masih menjalankan sistem operasi (operating system/OS) Android versi lama. Hal itu diungkap oleh survei yang dilakukan oleh Uptodown. 

Uptodown sendiri adalah tempat alternatif bagi pengguna Android dan iOS apabila ada aplikasi yang tidak tersedia di masing-masing toko aplikasi kedua platform tersebut.

Survei sendiri dilakukan kepada pengguna Uptodown dengan total responden 130 juta pengguna. Berdasarkan riset tersebut, Android 11 menjadi OS Android yang paling mendominasi saat ini.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Android 11 yang dirilis tahun 2020 lalu, masih digunakan sebanyak 29,5 persen responden. Kemudian, Android 10 yang dirilis setahun sebelumnya, digunakan 25,2 persen pengguna.

Hal ini juga terlihat pada penggunaan Android dengan versi yang lebih lama lagi, seperti  Android Pie (9.1) yang rilis empat tahun lalu dan Oreo (8.1) yang rilis di tahun 2017.

Menurut survei Uptodown, Android Pie sendiri digunakan sebanyak 11,5 persen dari pengguna, kemudian disusul Android Oreo yang digunakan sebanyak 11 persen.

Sementara itu, Android 12, yang menjadi versi terbaru hanya diadopsi sebesar 2,6 persen saja. Hal itu termasuk wajar. Sebab, Android 12 masih berusia enam bulan, sejak dirilis secara publik Oktober 2021 lalu.

Terlebih, Android 12 saat ini masih diadopsi oleh perangkat-perangkat yang baru dirilis kurang dari setahun. Sedangkan smartphone yang diluncurkan setahun hingga beberapa tahun ke belakang, belum semua mendapat pembaruan software ini.

Baca juga: Fitur-fitur Android 12 Go Editon, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

Hal yang sama juga terjadi di Android 11 ketika awal dirilis. Laporan Gizchina menyebut Android 11 membutuhkan waktu beberapa bulan lebih untuk bisa mengalahkan popularitas Android 10.

"Sekarang sudah menjadi hal yang biasa untuk sistem operasi Android baru berada di bawah popularitas sistem operasi Android satu tingkat sebelumnya. Ini juga terjadi pada Android 11 yang dalam waktu lama masih berada di bawah popularitas Android 10," seperti dikutip KompasTekno dari laporan Gizchina, Kamis (14/4/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.