Kompas.com - 14/04/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Setelah foto selfie Ghozali Everyday, kini giliran tangkapan layar obrolan di WhatsApp-lah yang dijual sebagai Non-Fungible Token alias NFT. Hal itu dilakukan oleh seorang pemuda bernama Oji, yang diketahui bekerja sebagai desainer grafis.

Mengikuti jejak Ghozali, Oji menjual kumpulan screenshot chat WhatsApp dari bosnya yang bernama Agus Bayu Maulana alias "Agus BM" sebagai NFT. Tak ayal, apa yang dilakukan Oji ini viral dan ramai diperbincangkan di ruang maya.

Koleksi NFT yang dijual Oji tersebut terdiri dari 50 item screenshot percakapan WhatsApp dari Agus dan diberi nama "Agus BM Everyday". NFT ini sudah dijual di marketplace NFT populer, OpenSea, sejak 26 Maret 2022.

NFT merupakan sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik. Sederhananya, NFT ibarat sertifikat atas karya tersebut dan pemilik bisa menjualnya.

Baca juga: Fenonema Jualan NFT Pasca Ghozali Everyday Viral, Ini Kata Pengamat

Dalam kasus Oji, "barang antik" di sini adalah kumpulan chat "aneh bin BM" dari Agus.

Chat aneh bin "BM" dari Agus

Tak hanya chat WhatsApp, beberapa item di koleksi Agus BM Everyday juga berasal dari direct message Instagram dan e-mail dari Agus kepada Oji.

Hal yang menarik, chat yang dijual Oji ini bukanlah chat "biasa". Menurut Oji, chat yang ada di koleksi NFT Agus BM Everyday adalah kumpulan chat aneh, banyak mau (BM), dan menyebalkan dari Agus kepada dirinya.

"Kumpulan screenshot chat-chat aneh bin BM (banyak mau) dan menyebalkan dari Art Director (Direktur Seni) gue. Daripada cuma jadi keluhan, mendingan jadiin cuan," tulis Oji di deskripsi NFT Agus BM Everday.

Memang, bila diamati, Agus selalu mengirimkan pesan yang berisi banyak permintaan kepada Oji. Mulai dari hal yang berkaitan dengan pekerjaan hingga masalah pribadi seperti membeli tas dan mencari pacar, seperti di bawah ini.

Beberapa koleksi NFT Agus BM Everyday.OpenSea/ Agus BM Everyday Beberapa koleksi NFT Agus BM Everyday.
Tak heran bila Oji akhirnya menamai koleksinya itu sebagai "Agus BM (Bayu Maulana/Banyak Mau) Everyday".

Baca juga: Melihat Perkembangan NFT di Indonesia, dari Awal Mula hingga Muncul Ghozali Effect

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.