Kompas.com - 14/04/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Meski beragam penelitian menyebut bahwa perangkat telekomunikasi, termasuk smartphone, memancarkan radiasi, namun, belum yang membuktikan bahwa ada dampak serius, bahkan dalam jangka panjang.

Tapi, bukan berarti radiasi ponsel tidak berdampak bagi kesehatan manusia, mengingat frekuensi penggunaannya yang tinggi.

Beberapa waktu lalu, situs BanklessTimes melakukan penelitian untuk melihat deretan ponsel yang memiliki radiasi tinggi.

Ada 10 ponsel yang dimasukkan ke daftar ponsel yang memancarkan radiasi tertinggi. Daftar ponsel tersebut berisi merek seperti Google, Sony, OPPO, ZTE, OnePlus, dan Motorola.

Baca juga: 8 Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Penelitian tersebut dilakukan dengan menghitung nilai tingkat gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF) yang terserap ke dalam tubuh manusia.

Jumlah RF-EMF yang terserap ke dalam badan manusia disebut rasio penyerapan spesifik (specific absorbtion ratio/SAR). Nilai dari SAR dihitung dengan satuan Watt per Kilogram (W/Kg).

Aturan yang menetapkan nilai aman untuk SAR berbeda-beda. Misalnya, di Amerika Serikat, nilai aman SAR yang ditetapkan oleh Komisi Federal Komunikasi berada di angka 1,6 W/Kg.

Sementara menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Hasil penelitian yang dilakukan, Motorola mencatatkan ponsel Motorola Edge sebagai ponsel dengan radiasi tertinggi dengan nilai SAR 1,79 W/Kg, diikuti dengan ZTE dengan ZTE Axon 11 5G dengan skor SAR 1,59 W/Kg.

OnePlus 6T berada di urutan ketiga sebagai ponsel dengan radiasi tinggi. Skornya yakni 1,55 W/Kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.