Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi, Motorola Teratas

Kompas.com - 14/04/2022, 11:01 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski beragam penelitian menyebut bahwa perangkat telekomunikasi, termasuk smartphone, memancarkan radiasi, namun, belum yang membuktikan bahwa ada dampak serius, bahkan dalam jangka panjang.

Tapi, bukan berarti radiasi ponsel tidak berdampak bagi kesehatan manusia, mengingat frekuensi penggunaannya yang tinggi.

Beberapa waktu lalu, situs BanklessTimes melakukan penelitian untuk melihat deretan ponsel yang memiliki radiasi tinggi.

Ada 10 ponsel yang dimasukkan ke daftar ponsel yang memancarkan radiasi tertinggi. Daftar ponsel tersebut berisi merek seperti Google, Sony, OPPO, ZTE, OnePlus, dan Motorola.

Baca juga: 8 Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Penelitian tersebut dilakukan dengan menghitung nilai tingkat gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF) yang terserap ke dalam tubuh manusia.

Jumlah RF-EMF yang terserap ke dalam badan manusia disebut rasio penyerapan spesifik (specific absorbtion ratio/SAR). Nilai dari SAR dihitung dengan satuan Watt per Kilogram (W/Kg).

Aturan yang menetapkan nilai aman untuk SAR berbeda-beda. Misalnya, di Amerika Serikat, nilai aman SAR yang ditetapkan oleh Komisi Federal Komunikasi berada di angka 1,6 W/Kg.

Sementara menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Hasil penelitian yang dilakukan, Motorola mencatatkan ponsel Motorola Edge sebagai ponsel dengan radiasi tertinggi dengan nilai SAR 1,79 W/Kg, diikuti dengan ZTE dengan ZTE Axon 11 5G dengan skor SAR 1,59 W/Kg.

OnePlus 6T berada di urutan ketiga sebagai ponsel dengan radiasi tinggi. Skornya yakni 1,55 W/Kg.

Sony Xperia XA2 Plus berada di posisi keempat dan tercatat memiliki nilai SAR 1,41 W/Kg.

Tiga merek ponsel besutan Google masuk ke dalam daftar ini yakni Google Pixel 3XL, Google Pixel 3, dan Google Pixel 4a. Dari ketiganya, Google Pixel 3XL menempati posisi tertinggi dengan nilai SAR 1,39 W/Kg, disusul Google Pixel 4a dengan nilai SAR 1,37 W/Kg.

Baca juga: PPN Jadi 11 Persen, Harga Smartphone di Indonesia Tidak Naik

Google Pixel 3 menjadi yang paling rendah diantara ketiganya dengan nilai SAR 1,33 W/Kg.

Berikut ini adalah daftar selengkapnya:

  • Motorola Edge: 1,79 W/Kg
  • ZTE Axon 11 5G: 1,59 W/Kg
  • OnePlus 6T: 1,55 W/Kg
  • Sony Xperia XA2 Plus: 1,41 W/Kg
  • Google Pixel 3XL: 1,39 W/Kg
  • Google Pixel 4a: 1,37 W/Kg
  • Oppo Reno5 5G: 1,37 W/Kg
  • Sony Xperia XZ1 Compact: 1,36 W/Kg
  • Google Pixel 3: 1,33 W/Kg
  • OnePlus 6: 1,33 W/Kg

Dirangkum KompasTekno dari BanklessTimes, Kamis (14/4/2022), radiasi pada ponsel sering dikaitkan menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) juga mengakui bahwa ponsel dapat memancarkan radiasi dari gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF).

Namun, CDC juga belum bisa membuktikan bahwa radiasi gelombang RF-EMF mampu mempengaruhi kesehatan manusia.

"Saat ini kami tidak memiliki bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa penggunaan ponsel dapat mempengaruhi kesehatan manusia," ujar Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) dalam halaman resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com