Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Kompas.com - 14/04/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi penggemar berat iPhone atau Apple Fanboy, mungkin tak asing lagi dengan asumsi yang menyebut bahwa iPhone tidak boleh dicas lebih dari 80 persen. Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mendengar atau membaca asumsi tersebut.

Asumsi tersebut secara langsung artinya melarang pengguna untuk melakukan pengisian daya pada baterai iPhone hingga menyentuh 100 persen. Asumsi pengelolaan aktivitas cas tersebut ditujukan untuk menjaga Battery Health iPhone.

Baca juga: Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun dan Perlukah Khawatir?

Asumsi seperti ini mungkin kerap dijumpai berseliweran di media sosial. Misalnya, asumsi tersebut bisa dilihat pada unggahan oleh akun dengan handle @BanyuSadewa di Twitter, seperti yang tertera di bawah ini.

Pada unggahan yang telah mendapat sekitar 1.500 Retweet tersebut, ia menulis salah satu tips untuk menjaga Battery Health iPhone tidak cepat turun adalah dengan melakukan pengisian daya tak lebih dari 80 persen.

Ia sangat menyarankan untuk menghubungkan iPhone dengan cas saat kondisi daya pada baterainya berada di 20 persen, kemudian mencabut cas setelah daya terisi 80 persen.

Kemudian, pengisian daya hingga 100 persen, dikatakan boleh, tapi tidak disarankan untuk sering melakukannya Sementara itu, sayangnya pada unggahan tersebut, tidak disebutkan secara detail alasan kenapa harus melakukan aktivitas pengisian daya seperti itu.

Asumsi iPhone tidak boleh dicas lebih dari 80 persen juga bisa dilihat dari unggahan akun dengan handle @febrianasugianto di Twitter, yang telah mendapat sekitar 22.000 Retweet, sebagaimana tertera di bawah ini.

Serupa dengan saran sebelumnya, pada unggahan tersebut juga dikatakan untuk menjaga Battery Health iPhone tidak cepat turun adalah dengan tidak melakukan pengisian daya hingga 100 persen, disarankan antara 80 persen hingga 90 persen.

Meski unggahan itu tidak spesifik menyebut kondisi baterai untuk iPhone, melainkan menjaga Battery Health pada ponsel secara umum, namun akun tersebut juga menambahkan acuan pada jenis baterai yang digunakan iPhone.

Dengan demikian, akun tersebut memiliki posisi asumsi yang sama, yakni baterai tidak boleh dicas hingga 100 persen untuk menjaga Battery Health iPhone tidak cepat turun.

Alasannya adalah pengecasan daya pada jenis baterai Lithium-ion (termasuk baterai yang digunakan pada iPhone) hingga penuh dan digunakan sampai habis bakal menurunkan masa pakainya.

Menjaga Battery Health versi Apple

Tampaknya, asumsi yang seperti di atas mungkin telah banyak tersebar di berbagai kalangan, khususnya pengguna iPhone. Namun, pernahkan bertanya kenapa cas iPhone jangan sampai 100 persen?

Apple sendiri tidak pernah menyebut bahwa untuk menjaga Battery Health iPhone, pengecasan tak boleh dilakukan hingga penuh 100 persen.

Dikutip dari laman resmi Apple, dikatakan masa pakai baterai atau kemampuan untuk menyimpan daya sebelum harus diisi ulang dari sebuah iPhone, pasti bakal berkurang seiring berjalannya penggunaan.

Penurunan persentase Battery Health iPhone sebagai indikator masa pakai baterai, tidak disebutkan bakal cepat turun karena terjadi pengecasan hingga penuh atau lebih dari 80 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com