Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Tombol Power Punya Simbol “I” dan “O”? Berikut Artinya

Kompas.com - 14/04/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tombol Power tampaknya tak bisa dipisahkan dengan perangkat elektronik, khususnya gadget, misalnya seperti konsol game, smartphone, laptop, router, dan sebagainya.

Sebagian pengguna mungkin juga tak asing lagi dengan tombol Power yang terdapat di gadget tersebut. Jika harus disuruh mencari letak tombol Power di mana, mungkin beberapa pengguna juga tak bakal kebingungan lagi.

Baca juga: Tahukah Apa Game Termahal yang Pernah Terjual di Dunia?

Tombol Power biasanya terletak di samping atau di sisi punggung pada perangkat gadget, umumnya berbentuk bulat atau persegi. Fungsi utama tombol Power sendiri adalah untuk menghubungkan dan memutus gadget dengan daya, layaknya saklar pada lampu.

Tombol Power pada gadget kebanyakan berupa fisik bersifat mekanis, sehingga pengguna dapat merasakan bunyi “klik” saat menekannya. Menekan tombol Power biasanya bakal menghasilkan tindakan berupa menyalakan atau mematikan gadget.

Di kebanyakan gadget, tombol Power tidak hanya hadir dengan bentuk bulat, melainkan juga kadang terdapat simbol tertentu yang terukir di atasnya. Simbol tombol Power tersebut umumnya berbentuk lingkaran kecil (O) dan garis tegak lurus (I).

Tidak semua gadget yang beredar memiliki tombol Power dengan simbol tersebut. Namun, masih ada juga sebagian gadget yang mempertahankan tombol Power dengan disertai gambar simbol “O” dan “I”, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi tombol Power yang berada di laptop KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi tombol Power yang berada di laptop

Tombol Power yang tertera di gambar tersebut merupakan salah satu bagian dari laptop Macbook Pro tahun 2015. Pada Macbook Pro keluaran terbaru, bentuk tombol Power tidaklah menggunakan simbol “O” dan “I”, melainkan kotak kecil warna hitam polos.

Anda mungkin juga pernah melihat tombol Power dengan simbol “O” dan “I” di beberapa gadget lainnya, seperti gambar di atas. Simbol tombol Power tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Simbol tersebut sebenarnya melambangkan fungsi dari tombol Power itu sendiri.

Dikutip dari laman resmi International Electrotechnical Commission (IEC), arti simbol tombol Power adalah matikan dan nyalakan. IEC merupakan lembaga internasional untuk standardisasi perangkat elektronik.

Simbol “O” mewakili tindakan untuk mematikan daya pada perangkat (off), sedangkan simbol “I” artinya tindakan untuk menyalakan daya (on).

Setidaknya ada dua jenis simbol tombol Power yang digunakan saat ini. Pertama, simbol tombol Power dengan susunan “O” yang dipisahkan “I”. Kemudian, simbol tombol Power dengan susunan “O” yang di tengahnya terdapat “I”, seperti gambar di bawah ini.

Ilustrasi dua jenis simbol tombol Power, tombol On/Off (kiri) dan tombol Standby (kanan)ISO.org Ilustrasi dua jenis simbol tombol Power, tombol On/Off (kiri) dan tombol Standby (kanan)

Tombol Power yang di sisi kiri bisa juga disebut dengan tombol On/Off, sedangkan yang di sisi kanan disebut dengan tombol Standby. Kedua tombol tersebut mempunyai simbol yang mirip, tetapi mempunyai arti yang berbeda.

Arti tombol On/Off adalah menghubungkan dan memutus gadget dari daya secara total. Sementara pada tombol Standby, artinya daya pada gadget tidak sepenuhnya terputus atau mati saat ditekan, tetapi hanya beralih ke kondisi layar mati atau sleep mode.

Baca juga: Tahukah Mengapa Trending Topic Identik dengan Hashtag?

Itulah arti simbol “O” dan “I” yang biasa termuat dalam tombol Power pada beberapa gadget. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com