BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Tak Perlu Keluar Rumah, Rangkaian Ide Ngabuburit Seru Berikut Bisa Dilakukan dengan Smartphone

Kompas.com - 14/04/2022, 19:45 WIB
Ilustrasi ngabuburit dengan menonton film di smartphone. Dok. OppoIlustrasi ngabuburit dengan menonton film di smartphone.

KOMPAS.com – Salah satu kegiatan favorit selama Ramadhan adalah ngabuburit. Biasanya, ngabuburit dilakukan masyarakat dengan berjalan-jalan sore sembari menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa.

Sebenarnya, ngabuburit bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, tidak hanya berjalan-jalan ke luar rumah. Apalagi, berkat perkembangan teknologi pada smartphone, kegiatan ini bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah.

Bahkan, keseruan yang didapat tidak kalah dengan ngabuburit yang umum dilakukan di luar rumah. Pasalnya, berbagai fitur yang ada pada smartphone bisa menemani pengguna mendapatkan hiburan sembari menunggu azan magrib.

Baca juga: 12 Tempat Ngabuburit di Bogor yang Ramah Kantong

Berikut empat ide ngabuburit seru yang bisa dilakukan di dalam rumah bermodalkan smartphone.

1. Menonton film favorit

Kegiatan ngabuburit pertama yang bisa dilakukan dengan smartphone adalah menonton film. Umumnya, film memiliki durasi 1,5 hingga 2 jam. Jadi, saat menonton film, Anda akan merasa waktu cepat berlalu. Apalagi, jika genre film atau aktor dan aktris yang memerankan merupakan favorit Anda.

Agar lebih seru, Anda bisa pula membuat daftar film yang hendak ditonton saat ngabuburit. Pilih film di layanan streaming yang ada pada smartphone Anda.

Anda bisa menonton satu film dan menyimpan film lain untuk ngabuburit esok hari atau menyaksikan dua sampai tiga film secara maraton.

2. Bermain game

Bagi gamer, ngabuburit paling asyik adalah bermain game. Untuk ide ini, Anda bisa memainkan mobile game menggunakan smartphone.

Selain bisa bermain sendiri, Anda juga bisa memainkan game bersama teman-teman satu geng secara online. Untuk permainan multiplayer, Anda bisa memilih game receh seperti tebak gambar atau game mode survival.

Bila memilih game dengan grafis bagus, pastikan smartphone Anda memiliki spesifikasi mumpuni.

Baca juga: Free Fire Jadi Game Mobile Terbaik 2021

3. Mendengarkan ceramah

Pada saat Ramadhan, banyak orang ingin mendapatkan siraman rohani. Anda pun bisa mendengarkan kajian atau ceramah secara streaming untuk ngabuburit.

Kini, ada banyak kanal Youtube atau media sosial yang menyediakan konten ceramah saat Ramadhan. Sejumlah ulama juga kini memiliki kanal Youtube pribadi atau berkolaborasi dengan para Youtuber. Anda pun bisa memilih penceramah dan topik pembahasan sesuai keinginan.

4. Melakukan panggilan video

Mempererat tali silaturahmi juga merupakan hal penting yang harus dilakukan, terutama saat Ramadhan. Anda bisa mengisi waktu ngabuburit dengan menelepon keluarga, saudara, atau sahabat via panggilan video.

Selain mengetahui kabar, kegiatan tersebut bisa mengobati kerinduan dengan melihat langsung wajah mereka. Terlebih, bagi Anda yang tinggal di perantauan, melakukan panggilan video menjadi cara terbaik untuk mengatasi rasa kangen.

Penggunaan Oppo A96 dalam kondisi gerimis. Dok. Oppo Penggunaan Oppo A96 dalam kondisi gerimis.

Itulah empat ide kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan dengan smartphone. Agar ngabuburit makin lancar, Anda membutuhkan smartphone dengan spesifikasi terkini, seperti Oppo A96.

Smartphone yang baru dirilis Oppo Indonesia pada Kamis (7/4/2022) tersebut bisa dijadikan solusi untuk menemani Anda ngabuburit.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Oppo A96, dari ROM Besar hingga Kamera Portrait

Pasalnya, Oppo A96 memiliki layar besar, yaitu 6,59 inci dengan rasio layar terhadap bodi sebesar 90,8 persen dan resolusi FHD 1.080x2.412. Spesifikasi layar ini memberikan pengalaman hiburan dan bermain game yang imersif.

Layar tersebut juga menghadirkan 95 persen NTSC Wide Color Gamut dengan standar spektrum warna yang mudah ditangkap mata manusia. Dengan demikian, tampilan layar menjadi lebih nyata dan kaya warna.

Selain itu, layar Oppo A96 juga memiliki refresh rate sebesar 90 hertz (Hz) yang dilengkapi dengan Adaptive Refresh Rate. Teknologi tersebut mampu mengatur kecepatan refresh rate layar secara otomatis berdasarkan kebiasaan pengguna serta memastikan kelancaran yang lebih baik sembari menjaga penggunaan daya tetap rendah.

Smartphone dari brand premium tersebut ditenagai prosesor terbaru Snapdragon 680 dengan RAM 8 gigabita (GB) yang bisa diperluas hingga 5 GB. Ruang kapasitas penyimpanan internal Oppo A96 juga sangat besar, yaitu 256 GB dan dapat diperluas dengan microSD hingga 1 terabita (TB).

Oppo A96 Pearl Pink dengan desain Oppo Glow.Dok. Oppo Oppo A96 Pearl Pink dengan desain Oppo Glow.

Serunya, Oppo menyematkan speaker dan mikrofon ganda dengan teknologi audio Dirac HD pada smartphone terbarunya itu. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan audio stereo berkualitas tinggi sekaligus dapat mengurangi kebisingan di sekitar.

Bukan smartphone besutan Oppo bila tidak memiliki kamera yang memukau. Dengan kamera depan beresolusi 16 megapiksel (MP), kamera belakang 50 MP, dan kamera bokeh 2 MP, Oppo A96 mampu menghasilkan potret yang menawan.

Selain itu, berbagai fitur kamera, seperti AI Natural Retouching, 360 Fill Light, AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR, memberikan lebih banyak fleksibilitas pengguna saat memotret.

Baca juga: Deretan Fitur Serba Pertama di Oppo A96

Dengan berbagai teknologi dan fitur yang dimiliki, Oppo A96 didukung dengan baterai ekstra besar, yaitu 5.000 miliampere hour (mAh). Dengan daya sebesar itu, pengguna dapat menggunakan smartphone ini selama seharian tanpa diisi ulang.

Oppo A96 pun dilengkapi dengan teknologi pengisian 33W SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengisian daya baterai dari nol hingga 55 persen dapat selesai dalam waktu 30 menit. Oppo A96 juga memiliki fitur Super Power Saving Mode dan Optimized Night Charging.

Canggihnya lagi, Oppo A96 telah lulus serangkaian pengujian Oppo Enduring Quality. Itu berarti, perangkat ini aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

Oppo A96 dengan fitur Optimized Night Charging.Dok. Oppo Oppo A96 dengan fitur Optimized Night Charging.

Perlindungan tersebut termasuk perlindungan antiair IPX4 dan antidebu IP5X. Dengan demikian, pengguna tak perlu khawatir ketika perangkat terkena percikan air atau hujan gerimis.

Oppo A96 hadir dengan desain memukau melalui teknologi Oppo Glow. Teknologi ini membuat bodi Oppo A96 memiliki pancaran warna berkilau sekaligus terlindungi dari goresan, noda, dan sidik jari.

Oppo A96 tersedia dalam dalam dua pilihan warna, yaitu Pearl Pink dan Starry Black. Smartphone ini bisa dipesan secara luring melalui jaringan Oppo Store atau toko-toko yang menjual smartphone Oppo di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo A96 di Indonesia

Anda juga bisa memesan secara daring melalui aplikasi Oppo Store atau Oppo Official Store di berbagai e-commerce terkemuka di Indonesia.

Selama masa pemesanan, yaitu 7-15 April 2022, pengguna akan mendapatkan keuntungan senilai Rp 1.359.000 berupa A96 Sound Box Bluetooth Speaker senilai Rp 599.000 secara terbatas dan selama persediaan masih ada.

Selain itu, tersedia potongan harga sebesar Rp 300.000 khusus untuk pembelian bundling dengan Oppo Watch Free dan potongan harga pada program pembiayaan sampai dengan Rp 600.000 melalui layanan Home Credit, Kredivo, AEON Fast, Payku, dan Indodana di Oppo Store.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo A96, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.